Sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 (PP No.60/2008), tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPI-P), bahwa SPI adalah merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadahi atas tercapainya tujuan organisasi melalui: (1) kegiatan yang efektif dan efisien; (2) keandalan pelaporan keuangan; (3) pengamanan aset negara, dan (4) ketaatan terhadap peraturan dan perundang-undangan. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP)Batangkaluku sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian dalam melaksanakan amanat Peraturan Pemerintah No 60 tahun 2006 tersebut telah mengusulkan susunan Tim Satuan Pelaksana Pengendalian Intern (Satlak PI) dalam bentuk Surat Usulan Kepala BBPP Batangkaluku Nomor 37/kpts/ OT.140/I/02/19/tanggal 11 Februari 2019 Sebagai Unit Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, maka dalam melaksanakan kegiatan pengendalian intern, tim Satlak PI BBPP Batangkaluku diharuskan untuk melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pengendalian intern ke Satlak Pengendalian Intern Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian.


Tujuan Tim Satlak Pengendalian Intern (Satlak PI) BBPP Batangkaluku ini adalah :

  1. Sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan pengendalian Intern di Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku.

  2. Sebagai informasi pelaksanaan kegiatan pengendalian, mendeteksi dan mengatisipasi secara dini terjadinya penyimpangan tujuan, sasaran dan anggaran kegitan BBPP Batangkaluku.

  3. Tersedianya bahan / masukan bagi tim Satlak PI BPSDMP untuk melakukan evaluasi dan pembinaan pelaksanaan Pengendalian intern di Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku.