r

KEPALA BPPSDMP KUNCI UNTUK LULUS HANYA MENTAL

Penyuluhan pertanian adalah suatu usaha atau upaya untuk mengubah perilaku petani dan keluarganya, agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta mampu memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan hasil usahanya ataupun tingkat kehidupannya, sehingga petani yang akan maju dan mandiri dibutuhkan Penyuluh Pertanian profesional.

Terkait hal tersebut BBPP Batangkaluku sebagai leading sektor bidang pertanian yang merupakan salah satu Unit pelaksana teknis Kementerian pertanian berupaya untuk mewujudkan petani yang maju dan mandiri.

Seperti yang disampaikan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa, "Penyuluh itu harus memiliki kompetensi, penyuluh yang maju pasti karena mereka kompeten, “ ungkapnya bebrapa waktu lalu.

Hal itu diimplementasikan oleh BBPP Batangkaluku dengan melaksanakan Sertifikasi Penyuluh Pertanian Level Fasilitator dan Penyuluh Pertanian Level Supervisor yang berlangsung di Aula BBPP Batangkaluku selama 3 hari dari hari Selasa hingga Kamis (16-18/2/2021).

Diketahui Sertifikasi merupakan upaya peningkatan kompetensi bagi profesi penyuluh pertanian yang memerlukan sebuah keprofesian yang meliputi standarisasi dan akreditasi sehingga Taufik salah satu asesor sangat menyarankan kegiatan sertifikat ini agar bisa menjadi pembuktian sebagai penyuluh pertanian yang kompeten sebagaimana diungkapkan dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan sertifikasi itu Taufik juga berpesan agar peserta memanfaatkan kegiatan assesmen ini dengan maksimal.

"Asesor ini tugasnya untuk mengeksplore kemampuan peserta, bukan untuk menggagalkan, terang Taufik.

"Nantinya, mutu dan profesionalisme kita sebagai pelaksana diakui, jelasnya.

Sementara itu Koordinator Penyelenggaraan Pelatihan Andi Amal dalam kesempatannya di kegiatan tersebut berharap bahwa hasil dari sertifikasi ini berlanjut sampai penerapan mereka di lapangan sehingga kompetensi dalam teknis, manajerial, dan sosialisasi yang belum sesuai tidak ditemukan lagi, setelah kembali ke daerahnya masing-masing, tandasnya. 

Hal itu senada himbauan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi , agar para penyuluh mampu untuk mendorong petani menjadi produktif dalam upaya penyediaan pangan dan mensejahterakan keluarganya.

Dikatakannya “Kunci untuk lulus sertifikasi itu hanya satu yaitu mental," pungkasnya. 

Sumber : kabartujuhsatu.news

Comments ( 0 )

Post a comment