r

BOC : PEMBUATAN NUGGET JAMUR TIRAM

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) mempercayakan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku memberikan bekal pembuatan nugget jamur tiram dalam program Bertani on Cloud, Kamis, 15/10/2020.

Bertani on Cloud adalah hasil pengembangan e-learning pelatihan yang dilakukan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melalui Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan).

Bertani On Cloud merupakan salah satu cara kita, utamanya saat ini di dalam rangka meningkatkan kapasitas para petani, dan meningkatkan keterampilan para petani di dalam berusaha taninya, yang memerlukan sarana dan prasarana IT

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi mengatakan, untuk meningkatkan kompetensi SDM di sektor pertanian baik itu tenaga penyuluh dan juga para petani, pihaknya telah melakukan pelatihan secara virtual, melalui program Bertani On Cloud.

“Peminat Bertani On Cloud ini sangat luar biasa dapat di lihat dari peserta yang mengikuti melalui Aplikasi Zoom Meeting, Media Sosial Facebook dan Youtube melalui Live Streaming. Pesertanyapun tidak hanya dari petani tapi juga ada penyuluh, ibu rumah tangga, UMKM, akademisi dan lainnya,” kata dedi.

Andi Amal Hayat Makmur, Kabid. Penyelenggara Pelatihan yang senantiasa mendampingi pelaksanaan kegiatan ini menyampaikan bahwa hari ini dilaksanakan pelatihan membuat nugget dari jamur tiram. Tentu dengan pengolahan hasil jamur tiram menjadi nugget akan memberi nilai tambah pada produk tersebut dibandingkan hanya dijual jamur saja.

“Alhamdulilah BBPP Batangkaluku kali ini dipercayakan membawakan materi, selain itu adapun bahan materi yang disampaikan sangat detail dimulai dari hulu hingga hilir sehingga akan mudah dipahami dan kami berharap materi kali ini bisa tersampaikan dan bermanfaat bagi Sobat Tani dan bisa diimplementasikan di lingkungan mereka dan bisa menjadi ide dalam melihat peluang di tengah pandemi,” pungkas amal.

Terpisah Kepala BBPP Batangkaluku, Sabir, yakin dari pelatihan Bertani On Cloud kali ini peserta  dapat memandang bahwa hasil-hasil pertanian itu dapat diolah menjadi olahan yang bernilai ekonomi tinggi apalagi seperti yang kita ketahui Jamur Tiram memiliki gizi yang tinggi (energi, protein dan vitamin) sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“Apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini, dengan adanya program ini sangatlah bagus karena kita harus menjalankan social distancing dan work from home. Dengan Bertani on Cloud, kita tetap dapat berlatih di lokasi kita masing-masing tanpa terbatas jarak, ruang, dan waktu,” katanya.

Sumber : kabartujuhsatu.news

Comments ( 0 )

Post a comment