r

30 PETANI MENGIKUTI PELATIHAN TEMATIK KEDELAI

Sebanyak 30 petani kedelai yang merupakan perwakilan petani dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, hari ini  mengikuti Pelatihan Tematik Kedelai (Pengendalian Hama & Penyakit dan Pengolahan) bagi Non Aparatur Angkatan III di BPP  Ranoyapo, Rabu.

Para peserta tampak sangat antusias dan semangat mengikuti Pelatihan Tematik Kedelai ini, selama tiga hari (04 s/d 06 maret 2020) mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP)  Batangkaluku.

Vebry N.D Rumintjap, Kabid. Penyuluhan Dinas pertanian Minsel dalam sambutannya sekaligus membuka pelatihan ini mengatakan,” Kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan full selama tiga hari ini,  sehingga output sasaran dari pelatihan ini untuk menambah wawasan pengetahuan dan dapat dengan maksimal diterima oleh petani itu sendiri.

“Adapun maksud pelatihan ini, untuk meningkatkan pengetahuan petani sebagai pelaksana program pengembangan pertanian tanaman kedelai di kabupaten Minsel, “katanya.

“Sehingga kedepannya bisa ditindak lanjuti,  jika nantinya program bantuan kedelai tahun ini dilaksanakan,  sudah ada bekal informasi dan pengetahuan sehingga usaha tani dilapangan dapat lebih maksimal, utamanya pada teknis pengendalian hama penyakit maupun pengolahan hasil kedelai itu sendiri, ” urainya.

Pada pelatihan ini, peserta akan dilatih pengolahan lahan, penyiapan benih tanaman, penanaman, pemeliharaan tanaman, pengendalian organisme pengganggu tanaman, hingga pengolahan hasil.

“Setelah pelatihan ini diharapkan para peserta dapat menularkan ilmu pengetahuan yang didapatkan selama pelatihan, minimal penerapannya kepada anggota kelompoknya, dan mengucapkan  terima kasih kepada para petani kedelai yang telah mengikuti pelatihan ini, semoga ilmu yang telah didapat disini bisa bermanfaat bagi para petani kedelai dan masyarakat didaerahnya masing-masing,” ungkap Fredi Panitia Penyelenggara Pelatihan BBPP Batangkaluku.

Di kegiatan yang sama Stenly Kawulur peserta dari kelompok tani Lompad Ranoyap berkomentar bahwa pihaknya cukup senang bisa ikut pelatihan ini, bangga tentunya.

“Kami akan mengembangkan ilmu pengetahuan tentang kedelai ini dan membaginya kepada kelompok-kelompok tani yang khususnya dikelompok tani Lompad Ranoyap , mulai masalah pengendalian hama penyakit dan selanjutnya saling berbagi informasi,” ujar Stenly mengakhiri.

Sumber : kabartujuhsatu.com

Comments ( 0 )

Post a comment