r

BELA NEGARA MELALUI PEMBANGUNAN SEKTOR PERTANIAN

Kepala BBPP Batangkaluku DR. Sabir, S. Pt, M.Si mengatakan, Pembangunan Sektor Pertanian Adalah termasuk Upaya dalam Pembelaan Negara. Hal itu di ungkapkan saat memberikan materi pelatihan yang di langsungkan di BBPP Batangkaluku, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Bela Negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Bela negara biasanya selalu dikaitkan dengan militer atau militerisme, yang seolah-olah kewajiban dan tanggung jawab untuk membela negara itu hanya terletak pada Tentara Nasional Indonesia, padahal berdasarkan Pasal 30 UUD 1945, bela negara itu merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Republik Indonesia. 

Bela negara adalah upaya setiap warga negara untuk mempertahankan Republik Indonesia terhadap ancaman baik dari luar maupun dalam negeri.

“Dalam hal ini disektor pertanian juga termasuk upaya bela negara, bela negara dalam artian kelangkaan pasokan hasil pertanian yang dapat saja menjadi ancaman nyata apabila sifatnya berskala besar, sebab berhubungan dengan ketahanan sosial dan ekonomi masyarakat,” ujar Sabir dihadapan 90 peserta pelatihan saat memberi materi bela negara, di Aula Hasanuddin BBPP Batangkaluku pada Selasa, 03/03/2020.

Peristiwa kelangkaan pangan telah menimbulkan gejolak pangan serta betapa menderitanya suatu bangsa apabila kekuarang pangan. Hal seperti itu, pasti akan berpengaruh terhadap stabilitas yang pada akhirnya mengganggu daya tahan suatu bangsa.

“Seorang petani sendiri, adalah sebuah pekerjaan yang dimana merupakan bentuk dari usaha bela negara karena dengan menjadi petani maka kita akan memberikan kebutuhan hidup untuk seluruh rakyat Indonesia yaitu memenuhi kebutuhan pangan. 

Apabila petani melakukan kegiatan pertanian, maka hal tersebut akan membuat penduduk dari sebuah negara akan mendapatkan kebutuhan pangan, apabila tidak ada petani maka penduduk tidak akan makan dan akan terjadi sebuah wabah kelaparan yang dimana akan menghancurkan sebuah bangsa,”ujarnya.

“Para petani telah memberikan kontribusi membangun bangsa atau dengan kata lain telah ikut mendukung program bela negara, karena bela negara dapat diwujudkan dengan berbagai cara termasuk sebagai petani yang bekerja keras dan sukses, Inilah wujud bela negara para petani sebagai salah satu komponen bangsa dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, tutupnya.

Sumber : sigapnews.com

Comments ( 0 )

Post a comment