STUDI BUDAYA PEMERINTAH KEC. TABALAR KAL-TIM

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku mendapat kunjungan Rombongan Studi Budidaya Pertanian dari Pemerintah Kecamatan Tabalar, Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur.

Rombongan Studi yang berlangsung sehari ini berjumlah 38 orang, terdiri dari Camat, Kepala Desa, Perangakat Desa dan Kelompok Tani.

Rombongan diterima langsung oleh Kepala BBPP Batangkaluku Dr. Sabir, S,Pt, M.Si, didampingi Koordinator Widyaiswara BBPP Batangkaluku Ir. Mihdar, M.Si.

Drs. Saharuddin, Camat Tabalar selaku pimpinan rombongan menyampaikan kegiatan ini dilakukan dalam rangka pembelajaran tentang budidaya pertanian atau studi budidaya pertanian untuk mendapatkan pengetahuan tentang teknologi pertanian yang bisa dikembangkan di daerah/kecamatan kami, karena di kecamatan tabalar yang terdiri dari enam desa ada empat desa yang memiliki pontensi pertanian yang luar biasa, salah satunya adalah tanaman padi yang belum sepenuhnya digarap oleh petani secara maksimal.

Maka dari itu, adanya studi ini kiranya masyarakat tani kami setelah mendapatkan tambahan ilmu tentang pertanian di BBPP Batangkaluku ini, minimal setelah kembalinya nanti bisa meningkatkan usaha tani mereka di desanya masing-masing.

Meski disana banyak kelapa sawit tetapi potensi tanaman Padi, Jagung dan tanaman palawija lainnya juga merupakan kebutuhan yang sangat mendasar untuk masyarakat khusunya yang ada di kecamatan tabalar.

Kami memilih BBPP Batangkaluku karena memang sangat tepat untuk dikunjungi untuk belajar pertanian, pulau yang berdekatan, serta cuaca/iklim yang hampir sama dengan Kaltim.

Dan ini bukanlah kunjungan kami yang terakhir, kedepannya nanti kami akan berkunjung lagi ke BBPP Batangkaluku dengan tujuan agar masyarakat tani kami bisa diberikan motivasi dan tambahan ilmu lebih lanjut dibidang pertanian sehingga nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat di daerah kami.

Kepala BBPP Batangkaluku Dr. Sabir, S,Pt, M.Si, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Studi Budidaya Pertanian ini dan berharap dengan kunjungan ini bisa mendapatkan berbagai ilmu tentang pertanian serta bermanfaat bagi masyakarat khusunya Kecamatan Tabalar.

Kegiatan studi ini selain pemaparan materi profil BBPP Batangkaluku, juga dilakukan diskusi interaktif dan kunjungan lapang ke Lahan Padi, Lahan Jagung, Pengolahan Pupuk Kompos, Kumbung Jamur, Lab. Pengolahan Hasil Pertanian dan Bengkel ALSITAN BBPP Batangkaluku.

Sumber : mediainfota.com

Comments ( 0 )

Post a comment