APLIKASIKAN PELAJARAN DI BBPP BATANGKALUKU

Outing Class merupakan metode belajar yang mengajarkan kepada siswa untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar.

Dengan menerapkan metode belajar tersebut diharapkan siswa dapat memiliki keterampilan, keahlian dasar tertentu serta siswa dapat lebih menghargai alam.

Hal tersebut merupakan salah satu tujuan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Aqram Makassar mengunjungi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku agar dapat lebih mengenal alam dan lingkungan sekitar utamanya bidang pertanian.

Salah satu Guru dan ketua rombongan dari SMP Darul Aqram Makassar, Haeruddin menyampaikan, “kami membawa murid sebanyak 78 orang, dimana tujuan kami kesini adalah untuk mengenalkan lingkungan disekitar mereka, terutamanya pada bidang pertanian”, Ujarnya.

Dengan Harapan, lanjut Haeruddin, agar dikemudian hari mereka peduli dengan lingkungan mereka dan nantinya mereka mau mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran”, jelas Haeruddin.

Dalam kunjungannya Siswa siswi diajarkan tentang kegiatan pertanian dari mulai pembibitan, penanaman, sampai kepada panen langsung.

Dan pada kunjungan kali ini dibagi menjadi dua lokasi yaitu Lahan Tanaman Cabai dan Kangkung.

Selama kegiatan kunjungan para siswa dibekali dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang mereka pelajari di sekolah.

Pertanyaan tersebut seperti jenis sayuran apa yang ada, cara menanamnya sampai cara panen yang benar mereka ajukan pada petugas yang ada.

Para siswa terlihat sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan pihak BBPP Batangkaluku sangat menyambut baik kunjungan tersebut dan telah menyiapkan berbagai kebutuhan kegiatan seperti: bibit cabai, lahan tanam, sayur kangkung dan bayam yang siap panen serta tenaga pendamping.

Tola sebagai Widyaiswara BBPP Batangkaluku yang menerima kunjungan ini mengatakan, “Ini sangat bagus bagi generasi muda untuk belajar dan mengenal dunia pertanian dan kami senang atas kunjungan ini, karena ini salah satu cara untuk mengenalkan pertanian ke anak muda sedini mungkin, agar supaya generasi muda pertanian tidak berhenti dan nantinya mereka suka dengan dunia pertanian”, katanya

Sumber : mediainfota.com

Comments ( 0 )

Post a comment