FIELD TRIP SEKOLAH KRISTEN YHS

Sebanyak 52 siswa siswi Sekolah Kristen YHS Makassar melakukan kunjungan Field trip ke Balai Besar Pelatihan Pertanian ( BBPP) Batangkaluku Jumat (08/11).

Kunjungan ini merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah secara berkelompok menuju suatu lokasi di luar lingkungan belajar siswa yang biasanya dilakukan di sekolah.

“Melalui kunjungan ini anak-anak siswa siswi dapat mengenal dunia pertanian dan sangat antusias melalui praktek langsung menanam kangkung, cabai , dan menanam sawi secara hidroponik, sehingga siswa siswi dapat melihat langsung bagaimana bercocok tanam yang baik, bagaimana memanen yang benar sehingga dihari kedepannya , mereka tidak merasa asing dengan dunia pertanian serta dapat memahami manfaat dari hasil pertanian itu sendiri ” ungkap Agnes Imakulata , S.Pd guru pendamping Sekolah Kristen YHS.

Kunjungan pertama di lahan sayur BBPP Batangkaluku, didampingi Rezky Yulianti, SP, M.Si dan Reni Hasriani,Sp , M.Si selaku widyaiswara , Siswa siswa melakukan praktek langsung budidaya kangkung dan Cabai yang baik dan Benar , mulai dari persiapan lahan sampai dengan panen.

Diakhir praktek menanam , siswa siswi, guru pendamping Sekolah Kristen YHS berdiskusi dengan Widyaiswara BBPP Batangkaluku terkait praktikum budidaya cabai dan kangkung di Lahan Sayur.

Kunjungan berikutnya ,siswa siswi diajak ke Screen House untuk melihat budidaya sawi secara hidroponik khususnya memanen sayuran sawi.

Siswa siswi sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh Ferial, SP Selaku Widyaiswara, dalam kesempatan tersebut , Ibu Ferial menjelaskan Tentang budidaya Sayuran secara Hidroponik dimana budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman , kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah, dan perawatan tanaman secara hidroponik berbeda dengan menanam dengan cara biasanya karena tidak perlu dipupuk dan disiram sampai masa panen, tidak hanya itu diakhir praktikum, siswa siswi diajak untuk belajar memanen sawi.

Pada akhir kunjungan tibalah di laboratorium pengolahan hasil pertanian, Siswa siswi sangat senang dengan Olahan hasil pertanian berupa Donat dari Labu kuning serta Es Krim dari Buah Naga , wajah senang dan ceria terpancar dari siswa siswi, guru pendamping setelah mencicipi produk olahan yang bahannya langsung berasal dari bahan organik dan segar.

Pada kesempatan ini Sumarni, S.PT M.Si, Widyaiswara BBPP Batangkaluku berharap setelah mengunjungi BBPP Batangkaluku Siswa siswi dapat mengetahui lebih dini tentang pengolahan hasil pertanian, karena anak anak dapat mengetahui olahan pangan yang berasal dari bahan lokal dan organik yang tentunya lebih sehat dan aman , dan Ibu Sumarni juga berharap agar kelak siswa siswi yang hadir siang ini, kelak dapat menjadi generasi milenial bangsa yang unggul dan berprestasi sesuai dengan bidangnya masing-masing ” pungkas widyaiswara ini.

Sumber : mediainfota.com

Comments ( 0 )

Post a comment