EXPLORE AND EXPERIENCE TROUGH THE NATURE

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku merupakan salah satu UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian – Kementerian Pertanian, dengan lokasi lahan yang luas dan memiliki beranekaragam macam tanaman buah dan sayur menjadi daya tarik bagi taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi datang berkunjung untuk belajar dan lebih mengenal dunia pertanian. Rabu.(30/10/2019).

Daya tarik tersebut mambuat Sekolah Dasar Madania Makassar sebagai tujuan untuk berkunjung ke BBPP Batangkaluku. Kunjungan kelas 3 dan 4 SD Madania Makassar ini dalam rangka kegiatan Filedtrip, dengan tema “Explore and Experience Through The Nature”, yang intinya pihak sekolah ingin menambah pengetahuan alam dan pengalaman siswa di bidang pertanian secara umum.

“Filedtrip ini merupakan metode belajar yang mengajarkan kepada siswa untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar. Diharapkan siswa dapat memiliki keterampilan, keahlian dasar tertentu serta siswa dapat lebih menghargai alam.

SD Madania Makassar sendiri memilih BBPP Batangkaluku sebagai tempat untuk kegiatan kunjungan tidak lain karena menginginkan siswa-siswi untuk dapat lebih mengetahui dan menghargai kegiatan di bidang pertanian”, kata Noni Uriapadang salah satu guru SD Madania Makassar.

“Harapannya dikemudian hari mereka peduli dengan dengan lingkungan mereka dan nantinya mereka mau mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran,” tambahnya.

Siswa yang berjumlah 39 orang ini diajak untuk menanam sayuran organik salah satunya adalah terong, yang sebelumnya di jelaskan manfaat dan cara penanamannya.

Tampak serentak siswa ini berbaris dan bersama-sama menanam bibit terong yang sudah disiapkan oleh petugas lahan praktek, setelah itu mereka diajak melihat langsung hasil buah terong saat sudah siap panen.

Selain mempelajari cara menanam serta mengenal berbagai jenis tanaman dan sayuran, para siswa juga di ajak untuk melihat tanaman sayuran, tanaman buah-buahan, screen house, kumbung jamur, hewan ternak, pengolahan pupuk kompos, dan berkotor-kotor untuk mengenal pertanian dan lingkungan.

Tidak hanya itu, mereka juga diajak melihat berbagai hasil olahan pertanian, seperti Es Krim dari buah naga dan donat dari labu, sehingga mereka tahu ternyata banyak buah dan sayur disekitar kita yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang tidak kalah enaknya.

Sumarni, Widyaiswara pendamping kunjungan ini mengatakan sangat senang bisa berbagi dan mengenalkan pertanian dan cinta lingkungan kepada anak-anak, harap kedepannya bisa menumbuhkan kepedulian terhadap pentingnya pertanian dan cinta lingkungan pada mereka.

“Kami senang disini banyak tanaman dan buah yang bisa dilihat, lahannya luas, bisa main kotor-kotoran sambil diajari menanam sayur dan makan es krim enak dari buah naga,”celoteh Keyla Kinanti Naryama Adnan, salah satu siswi SD Madania Makassar.

Sumber : mediainfota.com

Comments ( 0 )

Post a comment