PANGAN YANG AWALNYA KURANG DIMINATI - SD AL FATIH

SD AL FATIH Makassar mengenalkan pembelajaran langsung pada dunia pertanian kepada siswa-siswinya dengan mengujungi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku.

Kunjungan 117 orang siswa-siswi SD AL FATIH kali ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat tentang pertanian. Sebelum melihat hasil olahan pertanian, mereka terlebih dahulu mempelajari cara budidaya beberapa tanaman – tanaman yang ada di lahan BBPP Batangkaluku.

Dari tanaman sayuran kangkung, terong hingga tanaman perkebunan durian, kakao, nenas dan yang paling membuat mereka penasaran pohon naga. Dari bentuk pohon yang tidak begitu menarik bagi mereka, ternyata pohon ini menghasilkan buah yang sangat baik dan memiliki manfaat merawat kesehatan mata, membantu menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Merekapun sempat untuk melihat proses pengeloaan pupuk kompos yang baik untuk menyuburkan tanaman di sekitar.

Setelah tiba di Ruang Pengolahan Hasil Pertanian, Risna Ardhayanti memperkenalkan dua jenis hasil pertanian yang diolah menjadi bahan pangan menarik nafsu makan. Buah naga tadi yang memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh diolah menjadi Es Krim Buah naga yang lembut dan manis.

Stamina yang terkuras selama berkelilingpun kembali lagi setelah 45 menit mengelilingi lahan BBPP Batangkaluku. Labu kuning yang digunakan untuk membuat donatpun tidak kalah baik kualitasnya dengan yang mereka sering beli/konsumsi di luar.

Tekstur yang dihasilkan dari olahan – olahan tersebut sangat baik karena buah yang menjadi bahan bakunya di budidayakan dan ditangani dengan sangat baik dan di jaga oleh tenaga berpengalaman di bidangnya.

Husnul Hatimah, Guru pendamping kunjungan fieldtrip ini sangat senang saat melihat perkembangan beberapa muridnya, karena mereka menjadi aktif bertanya. Rasa ingin tahu mereka untuk mengenal pertanian dan lingkungan sekitar mereka meningkat.

“Dibalai ini memiliki banyak jenis tanaman serta susasana yang bersih. Ilmu yang didapatkan bukan hanya dapat di terima oleh murid yang berkunjung, tapi kami sebagai guru dan orangtua siswa juga mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuk diterapkan saat kembali nanti,”ungkapnya

Sumber : mediainfota.com

Comments ( 0 )

Post a comment