PEMBELAJARAN LUAR SEKOLAH TK ZION GKKAUP MKS

Sebanyak 37 Siswa-siswi TK ZION GKKAUP Makassar melakukan kunjungan Field Trip ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku. Jum’at.

Kunjungan ini merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah secara  berkelompok menuju sebuah lokasi di luar lingkungan belajar siswa yang biasanya dilakukan di sekolah.

“Melalui kunjungan ini, anak-anak secara langsung dapat menimba ilmu tentang tumbuh-tumbuhan, baik namanya ataupun mengenal jenisnya secara langsung.

Pada kesempatan itu siswa-siswi  melihat beberapa koleksi tanaman yang ada di lahan kajiwidya balai, seperti tanaman sayur kol, padi, jagung, bahkan sampai di lahan ternak mereka diajak untuk mengenali sapi, salah satu hewan sahabat para petani. “kata Yoseo Fatimah, S.Pak. MA salah satu guru TK Zion.

Selain diperkenalkan dengan berbagai jenis tanaman sayur dan buah, siwa-siswi juga diberi kesempatan secara langsung untuk mencoba cara menanam bibit padi yang benar.

Kondisi cuaca panas dan terik mentari tak menyurutkan langkah kaki dan keingintahuan mereka akan dunia pertanian, dengan didampingi Widyaiswara BBPP Batangkaluku, beserta guru.

Adik-adik Siswa-siswi inipun tak henti-hentinya melontarkan pertanyaan dengan rasa keingintahuannya, bahkan kadang mengangguk-angguk, tertawa ceria, seakan-akan sudah faham semua dengan apa yang dijelaskan oleh pendamping walaupun sebagaian dari merekan mungkin sudah memahami apa yang di sampaikan.

Mereka sangat antusias, hal ini terlihat dari siswa-siswi yang semangat untuk bertanya tentang tanaman-tanaman yang mereka kunjungi.

Pada akhir kunjungan tibalah di laboratorium pengolahan hasil pertanian, merekapun dimanjakan dengan olahan Es Krim Jagung dan Donat Labu.

Wajah senang dan puaspun terpancar dari siswa – siswi, guru pendamping dan orang tua siswa, setelah menyicipi produk olahan yang bahannya langsung berasal dari lahan BBPP Batangkaluku yang telah terjaga kesegarannya.

Di kesempatan itu, Awaluddin Widyaiswara BBPP Batangkaluku berharap di masa mendatang akan muncul generasi millenial pertanian yang lebih unggul dan mampu berkompetisi menghadapi persaingan global.

Kata Awaluddin “Mudah-mudahan para siswa-siswi yang hadir siang ini, kelak dapat menjadi generasi millenial bangsa yang unggul dan mampu menjaga ketahanan pangan bangsanya,” pungkas Widyaiswara ini.

Sumber : mediainfota.com

Comments ( 0 )

Post a comment