r

UJI KOMPETENSI SERTIFIKASI PROFESI BAGI PENYULUH

Sebagai upaya peningkatan kompetensi profesi penyuluh pertanian, diperlukan sebuah keprofesian yang meliputi standarisasi, akreditasi dan sertifikasi.

Untuk mewujudkan hal itu BBPP Batangkaluku berencana melaksanakan Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi bagi Penyuluh Pertanian sebanyak 11 Angkatan di tahun 2019 ini.

Pelaksanakan uji kompetensi sertifikasi profesi bagi penyuluh pertanian ini dilaksanakan selama 3 hari mulai 16-18 Juli 2019 di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku dan Assesor yang berkompeten dibidangnya untuk melaksanakan uji kompetensi sertifikasi.

Asesor Sertifikasi Fasilitator yang terlibat yaitu Abrahan, S.ST., M.Si, Ir. Umi Wahjuti, M dan Dr. Muh. Taufik, S.Pt., M.Si. Sedangkan asesor sertifikasi supervisor yaitu Dr. Ir. Bambang Gatut. N, M.Si, Ir. Hermaya Rukka, M. Si, dan Ir. Tini Saniati Koesno, M. Si.

Uji ini tidak hanya secara teknis, tapi juga kemampuan mengorganisasi pekerjaan, mengaktualisasikan nilai kebaikan dalam kehidupan, kemampuan komunikasi dialogis dua arah, membangun jejaring kerja dan mengorganisasikan petani secara khusus, dan yang terpenting adalah merevolusi budaya kerja penyuluh pertanian sehingga menumbuhkan nila-nilai positif dalam kehidupan bermasyarakat terutama kepada petani secara langsung. Sertifikasi ini merupakan substansi teknis yang sangat di butuhkan oleh seorang penyuluh pertanian. Sabir juga menghimbau kepada seluruh peserta pelatihan agar terus menerus mengasah ilmunya, tidak sampai disini saja terutama tentang perkembangan Ilmu Teknologi.

Safaruddin salah satu peserta sangat antusias mengikuti pelatihan sertifikasi ini karena mereka merasakan aura baru, meningkatnya kapasitas, kompetensi dan merasa menjadi penyuluh yang semakin terdepan. Mereka mampu untuk berkembang di dunia penyuluhan pertanian, karena banyak penyuluh yang masih ragu menerapkan ilmunya walaupun yang mereka lakukan sebenarnya sudah baik dan benar. Tapi setelah melakukan sertifikasi mereka merasa lebih baik dalam hal membuat materi dan program – program penyuluhan lebih terarah dan sesuai dengan sasaran kelompok tani. Beliau juga berharap kepada seluruh penyuluh pertanian untuk jangan ragu mengikuti pelatihan sertifikasi ini karena hasilnya sangat nyata apalagi pelayanan di BBPP Batangkaluku yang membuat mereka sangat betah untuk belajar membuat ilmu yang di serap semakin baik.

Sumber : mediainfota.com

Comments ( 0 )

Post a comment