FIELDTRIP TK RA MARDHATI MAKASSAR

Fieldtrip Semester Genap, siswa-siswi Taman Kanak- Kanak RA MARDHATI Makassar diperkenalkan dengan Lingkungan Pertanian dan Hewan Ternak di BBPP Batangkaluku. Senin 29/04/2019.

Tanaman adalah tema kunjungan kali ini, disini seluruh siswa bahkan guru pendamping mendapatkan ilmu baru, dimulai dengan kunjungan ke instalasi Biogas BBPP Batangkaluku,  siswa-siswi dijelaskan dan melihat langsung pengolahan limbah pertanian yang bisa dimanfaatkan menjadi Biogas ini. 

Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktifitas anaerobik atau fermentasi dari bahan- bahan organik termasuk diantaranya : kotoran hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Oleh karena itu Biogas dapat digunakan sebagai pembakaran seperti halnya yang terdapat di dalam gas LPG.

Hasil olahan yang dimasak menggunakan biogas ini tidak mempengaruhi rasa bahkan aroma masakan yang dibuat. 

"Pertanian itu sangat menyenangkan,  melalui belajar sambil bermain anak-anak bisa mengenal lebih dekat dengan lingkungannya", Ungkap Mustafa, Widyaiswara yang menjelaskan tentang Biogas.

Tak hanya itu, 23 siswa-siswi ini bersama Widyaiswara BBPP Batangkaluku Macceiyya belajar bagaimana memanen kangkung yang baik dan benar,  dimulai dari memegang batang yang berada dekat tanah/akar lalu mencabutnya secara perlahan sambil didampingi oleh guru mereka. 

Menanam padi merupakan lokasi belajar ketiga yang mereka kunjungi, diberikan penjelasan kemudian langsung turun ke sawah untuk menanam padi yang tentunnya selalu didampingi oleh guru dan orangtuanya, bahagia dan ceria terlihat jelas dari wajah siswa-siswi TK itu, ini salah satu momen yang sangat baik untuk membentuk keberanian dan kekompakan antar orang tua, guru, dan murid itu sendiri.

Kepala TK RA MARDHATI, Chairunnisa Latief merasa bahwa pembelajaran kali ini diluar ekspektasi mereka, mulai dari teori yang diberikan oleh pengajar pendamping (Widyaiswara), praktek, hingga lingkungan yang sangat baik untuk menambah kreatifitas dan semangat pertanian buat insan generasi muda.

Sumber : deteksiplus.com

Comments ( 0 )

Post a comment