r

BELAJAR IKLIM DAN TANAMAN PESERTA ASEAN KE TORAJA

Kabupaten Toraja Utara  merupakan salah satu daerah yang memiliki sektor pertanian pontensi unggulan yang memberikan kontribusi paling besar terhadap perekonomian masyarakat di kabupaten ini, dengan kondisi yang didukung dengan keadaan iklim yang sesuai dan sumberdaya lahan yang ada.

Peserta Pelatihan Internasional The ASEAN Training Course On Water Management For Agriculture yang diselenggarakan di BBPP Batangkaluku berkunjung ke Kelurahan Palawa, Kec. Sesean Kab.Toraja Utara.  Minggu(28/04/2019).

Kehadiran peserta pelatihan ini untuk berbagi pengalaman dan melihat langsung pertanian yang ada diindonesia salah satunya di Kabupaten Toraja Utara,  Sulawesi Selatan. 

"Seandainya bisa,  ada waktu lebih lama untuk bertukar pikiran dengan mereka,  karena ini yang sangat kami butuhkan,  sehingga ada diskusi yang lebih lama lagi dan berbagi pengalaman tentang pertanian yang mereka terapkan di negara mereka masing-masing", Ungkap 

Yusuf Paratuan, Ketua Kelompok Tani Kel. Palawa. 

"Masyarakat disini sangat antusias untuk bekerja,  tapi masih ada kendala-kendala umum seperti modal, sarana prasarana dan SDM yang masih sangat perlu di tingkatkan", tegasnya. 

Myint Zaw peserta asal Myanmar mengatakan pertanian negara kamipun hampir sama dengan yang ada diindonesia,  mulai dari pengelolaan sistem irigasi dan kendala-kendala yang di hadapi juga tdk jauh berbeda. 

"Kami sangat berterimakasih kepada Kementerian Pertanian khususnya Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP)  Batangkaluku yang sudah membawa kami sampai di tempat yang ini,  selain pertanian juga memiliki tempat-tempat wisata yang sudah terkenal diberbagai negara", jelasnya.

Sumber : deteksiplus.com

Comments ( 0 )

Post a comment