r

ASEAN TRAINING COURSE

Kementerian Pertanian Republik Indonesia bekerjasama dengan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) menyelenggarakan Pelatihan Internasional The ASEAN Training Course On Water Management For Agriculture. Jakarta. Selasa (23/04/2019).

Kepala Badan Penyuluhan Dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDM) menerima langsung peserta pelatihan di Ruang Rapat Gedung D, Kementerian Pertanian. Momon Rusmono, Kepala BPSDMP mengatakan bahwa Balai Besar Pelatihan kita semuanya ada sepuluh dan beberpa sudah bertaraf internasional, baik yang berorientasi di bidang hortikultura, peternakan, tanaman obat, dan untuk water management itu sendiri spesial kami laksanakan di Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku (BBPP) Sulawesi Selatan.

Pelatihan-pelatihan ini selain meningkatkan kompetensi peserta dari luar negeri kita juga ingin menunjukkan bahwa pertanian itu dikelola dengan water management yang baik dan kita akan perkenalkan juga program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) yang tahun ini menjadi program utama. "BPPSDMP sendiri selain mempersiapkan sumber daya manusia pertanian dalam hal ini pelaku utama dan pelaku usaha serta aparatur yang profesional mandiri dan berdaya saing dan juga mempersiapkan SDM pertanian yang bertaraf internasional baik melalui pelatihan maupun pendidikan", ungkap Momon.

"Kami sebagai perwakilan dari malaysia sangat berharap dengan adanya pelatihan ini akan menambah ilmu, serta membandingkan teknologi serta melihat pengelolaan water management yang ada di Indonesia yang nantinya akan diterapkan juga di negara kami", kata Nor Hassuddin Bin Abdullah Peserta Asal Malaysia.

Dihadiri 8 Negara ASEAN diantaranya Thailand, Filipina, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos, Malaysia dan Indonesia. Terjadwal 23 April hingga 02 Mei 2019 mendatang pelatihan dilanjutkan di Balai Balai Besar Pelatihan Pertanian (Batangkaluku) Makassar, Sulawesi Selatan.

Sumber : swadayaonline.com

Comments ( 0 )

Post a comment