PENYULUH MAJU PETANI SEJAHTERA

Menteri Pertanian mengajak Penyuluh dan Petani seluruh indonesia berkumpul di GOR Sudiang dalam rangka “Apresiasi dan Penguatan Penyuluh Petani Andalan” dengan tema Penyuluh Maju, Petani Sejahtera, Rabu (10/4/2019)

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Pertanian, Gubernur, Walikota, Kapolda, Pangdam, Bupati Maros, BUMN, Penyuluh, Petani, Santri, Pejabat Eselon I, dan beberapa Stakeholder.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin, mengapresiasi kegiatan ini dan menjamin kegiatan dapat berjalan dengan kondusif. Gubernur Sulsel juga sangat mengapresiasi kegiatan ini karena seluruh penyuluh dan petani se-Indonesia bisa saling silahturahmi.

Hasil kerja nyata ini dan Prestasi Peningkatan Hasil Pertanian kita tidak luput dari usaha-usaha para penyuluh dan petani. Nurdin Abdullah pun optimis dengan kemajuan ini, Tahun 2045 Indonesia bisa masuk menjadi 6 Negara Besar.

Dalam sambutan dan arahannya, Mentan sendiri sangat berterimakasih kepada seluruh PPL, POPT, Veteriner dan lainnya karena merekalah penentu kemajuan Pangan Indonesia sehingga tujuan untuk menjadi Nusantara Pangan Indonesia bisa terwujud.

“Selama 5 Tahun ini terdapat beberapa prestasi yang diperoleh yaitu inflasi pangan berhasil di tekan. Ekspor Hasil Pertanian Meningkat, Pendapatan Domestik Bruto naik hingga 45%, NTP dan NUTP pun ikut meningkat. Sehingga yang turun itu jumlah kemiskinan di Indonesia,” ujarnya

“Seluruh penyuluh dan petani telah diajak untuk bertransformasi dari petani tradisional menjadi petani modern dengan diperkenalkannya Alat dan Mesin Pertanian yang termodifikasi dan canggih sehingga kita bisa bersaing dengan negara berkembang lainnya. Tujuan besar kita untuk mengolah Swamp Land yang luasnya 10juta Hektar dan mampu berproduksi 3 tiga kali. Jika ini berhasil kita mampu menghidupi 1 Milyar Penduduk Indonesia,” tambahnya.

Adapun inovasi dari Kementerian yaitu berhasil mengembangbiakkan Sapi Belgianblue, dan saat ini telah memiliki 500 ekor indukan yang hamil. Kita menargetan untuk memiliki 1000 ekor dan siap untuk dibagikan/distribusikan ke petani millenial seluruh Indonesia. Inovasi selanjutnya yaitu telur OMEGA 3 yang berhasil di modifikasi oleh Wasis Sarjono Kepala Balai BBPP Batu, dan yang terakhir Mangga Geripta yang mampu berbunga dan berbuah terus menerus.

Seluruh inovasi dan kemajuan teknologi pertanian ini harus di sebarkan ke penyuluh dan petani kita se-Indonesia sehingga semangat dan motivasinya meningkat untuk kemajuan Pertanian Indonesia.

Sumber : jalur9.news

Comments ( 0 )

Post a comment