r

WUJUDKAN PENYULUH PROFESIONAL

Dalam rangka meningkatkan dan menjamin mutu penyelenggaraan serta peningkatan profesionalisme bagi penyuluhan pertanian sesuai dengan tujuan dan sasaran, pemerintah Kab. Bone Bolango dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku melaksanakan Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluhan Terampil, Jumat (22/03/2019)

Pada penyuluh pertanian, pengembangan SDM manusia ditujukan untuk memberikan motivasi dan penghargaan kepada penyuluh agar mampu meningkatkan kinerjanya, selain itu salah satu tujuan mempercepat terwujudnya SDM yang profesional dan kompeten dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan yang terstruktur dan terprogram.

Melalui pelatihan ini kami memiliki harapan yang besar agar sasaran pelatihan ini dapat tercapai dengan meningkatnya pengetahuan keterampilan dan sikap penyuluh dalam melaksanakan pekerjaannya yang didasarkan pada prosedur kerja terkait dengan pengetahuan, ketutupnya. an dan sikap dalam melaksanakan tupoksinya dilapangan, kata Dwi Praptomo Sudjatmiko, Kepala BBPP Batangkaluku.

Sebagai penyuluh pertanian agar senantiasa berkoordinasi juga dengan BPTP untuk mendapatkan informasi – informasi teknologi yang terbaru dan menyampaikan teknologi tersebut kepada petani untuk diterapkan, dengan begitu baik itu penyuluh dan petani akan maju serta berkembang.

“ini merupakan pelatihan wajib yang harus diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan/telah menduduki jabatan fungsional penyuluh pertanian Terampil, maka penyuluh harus benar-benar serius mengikuti pelatihan yang dilaksanakan”, Jelasnya.

Fitriani, Kepala Seksi Pelatihan Aparatur menambahkan selain wajib, dengan pelatihan ini mampu memberikan wawasan berpikir secara komprehensif bagi penyuluh, serta mampu menyamakan persepsi terhadap tugas, fungsi organisasi dan tata hubungan kerja antar penyuluh.

Kedepannya BBPP Batangkaluku terus meningkatkan kinerja, pelayanan dan terus membuka peluang dengan pemerintah daerah untuk bekerjasama dalam pelaksanaan pelatihan, guna bersama-sama memajukan perekonomian petani kita, utamanya sektor pertanian.

“Semoga pelatihan yang diselenggarakan di Balai Diklat Pertanian Provinsi Gorotanlo ini bisa berjalan dengan lancar dan pesertapun dapat mengikuti sampai akhir pelatihan, mengingat berlangsung selama 21 hari, Mulai 18 Maret lalu, hingga 07 April 2019 mendatang” tutupnya.

Sumber : berandankrinews.com

Comments ( 0 )

Post a comment