r

Penyelenggaraan Pelatihan Teknis Tematik Tahap 2

Setelah sukses menyelenggarakan pelatihan teknis tematik tahap 1, maka Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku melanjutkannya dengan menyelenggarakan pelatihan teknis tematik tahap 2 yang dilaksanakan di 6 kabupaten dengan komoditas pertanian yang berbeda. Pelatihan Teknis Tematik  tahap 2 dilaksanakan pada tanggal 4 Maret hingga 13 Maret 2019. 

Di Kabupaten Maros diadakan pelatihan tematik untuk bawang merah dan padi. Pelatihan tematik kedelai diadakan di Kabupaten Soppeng. Kabupaten Sinjai menjadi tempat pelaksanaan pelatihan tematik padi. Di Kabupaten Bone diadakan pelatihan tematik untuk komoditas lada kedelai dan kakao. Pelatihan tematik kakao juga dilaksanakan di Kabupaten Wajo dan Kabupaten Luwu Utara. Sedangkan di Kabupaten Luwu Timur dilaksanakan pelatihan tematik jagung. 

Sama dengan pelaksanaan pelatihan teknis tematik tahap 1, pada pelatihan teknis tematik tahap 2 bersifat pelatihan vokasi. Yaitu pelatihan yang berfokus pada pemecahan masalah yang dihadapi oleh para petani ketika melakukan budidaya pertanian. 

Metode pelaksanaan pelatihan teknis tematik bersifat pemecahan masalah (problem solving) pada suatu kendala tertentu yang dihadapi oleh petani di daerah tersebut. Berdasarkan kendala tersebut akan diberikan materi-materi pelatihan pertanian agar petani dapat menemukan solusi-solusi pemecahan masalah serta cara penanganannya. 

Sebagai contoh, penyelenggaraan pelatihan teknis tematik komoditas padi yang dilaksanakan di Kabupaten Maros akan berfokus pada materi pengendalian organisme penganggu tanaman (OPT) padi. Sehingga materi-materi pelatihan yang diberikan akan berfokus pada identifikasi hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi serta cara penanganannya. (QL?)

Comments ( 0 )

Post a comment