r

PELATIHAN TEKNIS TEMATIK PADI ANGKATAN I

Dalam rangka meningkatkan kompetensi petani dalam melakukan usaha budidaya padi sehinggga sesuai dengan Good Agricultural Practices (GAP), maka Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik Budidaya Padi bagi Non Aparatur di Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Libureng. Pelatihan  yang berlangsung selama 3 (tiga) hari yaitu mulai 25 sampai 27 Februari 2019 ini menjadikan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) sebagai tema yang merupakan hasil dari penggalian masalah utama yang dihadapi oleh petani setempat. Peserta pelatihan sebanyak 30 orang yang berasal dari 4 (empat) Kecamatan di Kabupaten Bone sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan yang dilaksanakan menggunakan pola On the Job Training (OJT) dengan metode Alami, Kemukakan, Olah, Simpulkan, dan Aplikasikan (AKOSA).

Menurut Harding, SP (Koordinator BPK Libureng) saat membuka pelatihan ini bahwa pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan petani dalam rangka menyusun berbagai alternatif pemecahan masalah yang selalu dialami dalam berusaha tani, khususnya dalam mengambil keputusan yang tepat, cepat, efektif dan efisien untuk mengendalikan gulma, hama dan penyakit utama tanaman padi.

"Peserta pelatihan harus memanfaatkan secara cerdas kegiatan ini untuk berbagi pengalaman dengan sesama peserta, selain itu mencermati materi yang disampaikan oleh fasilitator agar transfer teknologi pengelolaan OPT dapat berlangsung dengan baik", ujarnya.

Salah seorang peserta yang berasal dari kecamatan Patimpeng, Agus Salim, menyampaikan terimakasih kepada BBPP Batangkaluku dana Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bone yang telah memberikannya kesempatan diikutsertakan dalam kegiatan ini.

"Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kami dalam mengendalikan organisme pengganggu tanaman padi. Kami berjanji untuk menerapkan hasil pelatihan agar dapat mengurangi tingkat kehilangan hasil, menurunkan biaya produksi, dan melakukan pengendalian OPT yang terpadu dan ramah lingkungan" katanya dengan penuh keyakinan.

Comments ( 0 )

Post a comment