Metode Komposting di Lahan Kakao

Sifat tanah yang berkenaan langsung dengan tanah sebagai media penyedia unsur hara bagi tanaman atau dikenal dengan tandon/cadangan unsur hara (nutrient reservoirs) adalah sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Sifat fisik tanah terdiri atas struktur tanah, tekstur tanah, permeabilitas tanah, dan lengas tanah. Sifat kimia terdiri atas Kapasitas Pertukaran Kation (KPK), pH, kejenuhan basa, dan kejenuhan aluminium. Sifat biologi tanah meliputi bahan organik tanah, siklus N, P, dan S, dan jasad renik tanah (aktifitas dan jumlah populasi). Dua hal lagi yang menentukan tanah sebagai penyedia unsur hara adalah koloid tanah dan larutan tanah. 

Berbicara mengenai sifat biologi tanah, maka bahasan yang ditujukan antara lain mengenai bahan organik. Bahan organik tanah sangat penting dalam pengelolaan kesuburan tanah, karena dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah dan memperbaiki struktur tanah. Bahan organik tanah juga mampu mengikat air dan unsur hara sehingga unsur hara tidak tercuci atau terlindi, dan bahan organik tanah mampu merangsang pertumbuhan jasad hidup tanah, juga mampu merombak bahan organik sehingga menyediakan unsur hara bagi tanaman. 

Belakangan ini pemanfaatan limbah kulit buah kakao sendiri masih sangat terbatas, limbah kulit kakao yang dihasilkan hanya dibiarkan membusuk begitu saja di sekitar area perkebunan sehingga nilai ekonomi yang diperoleh dari pemanfaatan tersebut masih cukup rendah. 

Buah kakao terdiri dari kulit buah, pulp, keping biji dan plasenta. Kulit buah kakao merupakan bagian terbesar dari buah kakao. Buah kakao terdiri dari 75% kulit buah, 3% plasenta, 22% biji. Dengan demikian semakin meningkatnya produksi biji kakao, mengakibatkan semakin meningkatnya kulit buah kakao yang terbuang. Kulit buah kakao mempunyai komposisi kimia yang cukup kompleks. Salah satu bahan kimia yang dikandungnya adalah fenol. Berdasarkan hal tersebut, kulit buah kakao memiliki potensi untuk dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembuatan pupuk organik. (rzky)

Comments ( 0 )

Post a comment