Mengenal Pertanian Sejak Usia dini

Selasa 18 September 2018 sebanyak 85 siswa SD PLUS AL-ASHRI mengunjungi BBPP Batangkaluku untuk mempelajari jenis-jenis tumbuhan yang di budidayakan, hingga mempelajari pengolahan hasil pertanian. Untuk mengefisienkan proses pembelajaran kegiatan ini, guru pendamping membagi menjadi 8 kelompok. Kelompok pertama mempelajari tentang budidaya jamur tiram, dari pembuatan bibit jamur, pembuatan baglog (media tanaman jamur) hingga proses pemanenan. Kelompok dua yang di dampingi oleh Ferial, salahsatu widyaiswara BBPP Batangkaluku mempelajari tentang hidroponik, media menanam hanya menggunakan air. Kelompok tiga mendapat pos pembelajaran tentang pembuatan kompos. Walaupun terlihat kurang menyenangkan , tetapi mereka terlihat senang dan antusias dikarenakan mereka bisa melihat lebih dekat dengan sapi yang terpelihara dengan baik dan sehat di BBPP Batangkaluku.

Kelompok empat berkesempatan diajar oleh Reny Asriani, salah satu widyaiswara yang mengajarkan tentang budidaya jagung, sayangnya jagung yang di tanam baru akan bagus kualitasnya jika dipanen minggu berikutnya, sehingga siswa dan guru pendamping tidak dapat membawa hasil lahan tersebut. Selanjutnya kelompok lima mempelajari tentang kakao, bahan dasar pembuatan coklat. Kelompok enam mengenal sayuran – sayuran organik yang bebas dari bahan kimiawi sehingga lebih baik untuk kesehatan. Selanjutnya kelompok tujuh mempelajari tentang Alat dan Mesin Pertanian kelompok ini sangat senang melihat beberapa ALSINTAN yang dimiliki BBPP Batangkaluku dan Kelompok terakhir dibimbing oleh Sumarni, mereka mempelajari tentang pengolahan hasil pertanian yaitu pembuatan Ice Cream Jagung dan Donat berbahanbaku ubi ungu.

Kegiatan ini sangat mengubah pola pikir siswa - siswi tentang pertanian. Salah satunya cara menanam sayuran dengan metode hydroponik. Dimana kebanyakan dari mereka hanya mengetahui bahwa menanam itu hanya menggunakan media tanam tanah. Disinipun mereka melihat bahan baku coklat dan melihat langsung isi buah kakao. Masdia, salah satu guru pendamping merasakan sangat puas akan kunjungannya disini karena seluruh murid yang mengikuti kegiatan merasa senang bukan hanya apa yang mereka pelajari, tapi juga fasilitas dan lokasi yang sangat mengedukasi.

Comments ( 0 )

Post a comment