Pendampingan BBPP Batangkaluku Pada Kelompok Tani

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku melaksanakan simulasi sekaligus pendampingan dalam penggunaan alat dan mesin pertanian (alsintan) pada kelompok tani Ero Mate’ne II Kab. Takalar Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (06/04/2016). Kunjungan BBPP Batangkaluku ini bertujuan untuk mengenalkan alsintan kepada kelompok tani Ero Mate’ne di Kab. Takalar khususnya alat panen padi combine harvester. Fungsional widyaiswara BBPP Batangkaluku, Andi Baso Kresna dan Budi Putra yang datang langsung ke lokasi memberikan arahan dan bimbingan teknis (Bimtek) kepada beberapa kelompok tani yang hadir yaitu Kelompok Tani Ero Mate’ne II, Lestari panyaorang, reski jaya, bonto cinde jaya dan keba burung.

 

“Pengenalan alsintan combine harvester ini sangat perlu dilakukan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan petani sehingga kelak akan mudah mengoperasikan alsintan dari pemerintah” katanya.

 

Menurut salah seorang petani bahwa terkadang jika ada bantuan alsintan dari pemerintah petani kadang belum bisa mengoperasikan alsintan tersebut dengan baik, akibatnya bantuan alsintan hanya tersimpan dan menjadi barang tua. Para petani di ajarkan tentang pengenalan bagian-bagian alsintan, perawatan sampai cara mengoperasikan combine harvester. Petani juga di berikan kesempatan untuk mengoperasikan langsung alsintan ini. Selama pendampingan petani juga dibekali alsintan combine harvester yang di gunakan untuk sarana belajar memanen padi di daerah tersebut.

 

“Dengan adanya pendampingan penggunaan aslintan combine harvester para petani bisa mempercepat proses pemanenan padi yang tadinya 1 Ha kadang dilakukan 3 hari bisa menjadi 1 hari bahkan bisa beberapa jam saja dan dapat menekan kehilangan hasil pemanenan” kata salah seorang petani.

 

Kelompok tani Ero Mate’ne sangat senang karena adanya kegiatan seperti ini dan tentunya harapan mereka semoga pemerintah bisa memberikan bantuan alsintan berupa combine harvester untuk di gunakan dalam kegiatan usaha tani mereka.

Comments ( 0 )

Post a comment