Manfaat, Kandungan, dan Olahan Ubi Ungu

Ubi jalar terdapat berbagai macam varietas, diantaranya yang paling umum adalah ubi jalar ungu, kuning, dan putih. Namun jenis yang ungu lebih banyak disukai, karena rasanya yang lebih manis dan teksturnya yang lebih lembut. Lalu apakah kandungan gizi ubi jalar ungu berbeda dengan jenis lainnya?… Warna kuning, ungu atau gelap pada ubi jalar menandakan tingginya kandungan antioksidan dan betakaroten. Menurut The US Sweet Potato Council Inc, Ubi jalar yang dimasak bersama dengan kulitnya lebih banyak memberikan serat daripada oatmeal. Ubi jalar umumnya juga mengandung karbohidrat, gula, vitamin A, B, C, kalsium dan kalium.

 

Ubi jalar akan memberikan tubuh kita betakaroten, dan yang akan memenuhi kebutuhan vitamin A kita sebesar 200 persen. Fitonutrisi ini juga bermanfaat penting sebagai antioksidan serta menjaga kesehatan mata. Walau tinggi karbohidrat kompleks dan gula pati, namun ubi jalar merupakan makanan yang rendah kalori.

 

Ubi jalar mengandung kalori yang rendah, yaitu setiap 100 gr ubi jalar bersama kulit mengandung 90 kalori atau sama dengan 376 kJ. Ubi jalar juga kaya akan karbohidrat kompleks, serat, beta-karoten (provitamin A karotenoid), vitamin C, vitamin B6, mangan dan Kalium. Varietas ubi jalar lainnya yang berwarna kuning, pink, kuning, orange dan hijau juga mengandung tinggi beta karoten. Menurut laporan penelitian yang dilakukan tahun 1992, ubi jalar kaya akan kandungan serat, karbohidrat kompleks, protein, vitamin A dan C, zat besi, dan kalsium, dan memperoleh peringkat gizi tertinggi dalam hal sayuran

 

ADAPUN MANFAATNYA YAITU :

 

Menjaga Tekanan Darah, Ubi jalar adalah merupakan salah satu makanan yang kaya akan kalium. Elektrolit ini sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, kalium juga berperan aktif untuk mengendalikan fungsi otot dan fungsi saraf. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sebanyak 4.700 miligram kalium setiap hari, dan besar ubi jalar berukuran besar mengandung 300 miligram kalium lebih.

 

Mencegah Kanker, Seperti yang telah dijelaskan, Ubi jalar mengandung banyak beta karoten. Nutrisi ini merupakan zat yang bersifat antioksidan yang melawan radikal bebas dan mencegah kanker. Penelitian membuktikan bahwa tingginya kandungan karotenoid betakaroten dalam darah terkaitr degan penurunan risiko kanker pay*dara. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk makan paling tidak lima porsi buah dan sayuran yang mengandung tinggi beta karoten.

 

Menjaga Berat Badan, Orang yang gemar makan kentang, terutama dalam bentuk keripik atau kentang goreng berpotensi tinggi menambah berat badan. Tapi hal itu tidak berlaku bagi yang gemar makan ubi jalar, bahkan justru berat badan Anda akan stabil atau diurunkan. Ubi jalar beserta kulitnya banyak mengandung serat dan karbohidrat kompleks, sehingga akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian akan terhindar dari makan yang tidak sehat, dan bisa membuat  jumlah gula darah tetap stabil. Ubi jalar mengandung jenis serat larut , yang membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

 

Salah satu sumber vitamin A, terbaik Ubi jalar disebut sebagai makanan super oleh Center for Science in the Public Interest dalah hal kandungan gizi . Ubi jalar berukuran sedang menyediakan lebih dari 200% vitamin A dari kebutuhan harian yang disarankan. Vitamin A dalam tubuh akan dihasilkan oleh betakaroten, yang merupakan zat yang memberikan warna orange, kuning atau ungu pada ubi jalar . Vitamin A sendiri memberi akan banyak bermanfaat, terutama untuk penglihatan, kesehatan kulit dan tulang. Betakaroten yang juga berfungsi sebagai antioksidan akan membantu tubuh Anda mencegah infeksi saluran pencernaan, saluran kemih, dan paru-paru. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kansas State University pada tahun 2003 yang diterbitkan dalam The American Society for Nutritional Sciences, menemukan adanya hubungan antara kekurangan vitamin A dan emphysema (infeksi paru-paru yang menyebabkan kesulitan bernafas).

 

Sistem Kekebalan Tubuh, Beta karoten dan berbagai jenis nutrisi lainnya seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi dan fosfor dalam ubi jalar akan membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat.

 

Membantu Pencernaan, Serat yang dikandung ubi jalar ungu juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Jika hal ini dikombinasikan dengan mineral dalam ubi jalar seperti magnesium, maka makanan ini adalah pilihan yang tepat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, ubi jalar juga sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi usus kecil dan lambung.

 

Membantu Mengurangi Gejala Arthritis, Kandungan beta karoten, magnesium, seng dan vitamin B kompleks membuat ubi jalar sebagai pilihan yang baik bagi penderita arthritis. Membantu penderita diabetes Orang dengan diabetes pasti disarankan untuk menghindari makanan manis atau mengandung gula. Walaupun ubijalar ungu rasanya lebih manis dan mengandung karbohidrat, namun makanan ini membantu

Comments ( 0 )

Post a comment