Sosialisasi Benturan Kepentingan oleh Tim Irjen

Rapat/Sosialisasi dihadiri oleh Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional Widyaiswara dan beberapa staf pelaksana lingkup BBPP Batangkaluku (Daftar hadir terlampir). Rapat dibuka oleh Kepala Bagian Umum pada jam 08.30 WITA, didampingi Tim Irjen selaku narasumber pada acara tersebut. 

Kepala Bagian Umum menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kehadiran Tim Irjen pada Unit Kerja BBPP Batangkaluku, dimana tema yang akan disampaikan ini merupakan hal baru dan perlu mendapatkan pencerahan bagi seluruh komponen aparatur dalam rangka peningkatan profesionalisme dan pelayanan publik.

Dalam rangka pelaksanaan Sosialisasi Benturan Kepentingan yang disampaikan oleh Bapak Suparmadi beserta tim lainnya yaitu bapak Marolop J.S, Kuncoro dan ibu Endang Supartiadi dijelaskan bahwa seluruh pegawai ASN termasuk di BBPP Batangkaluku ini dituntut untuk lebih profesional dalam melaksanakan tugas, dan tidak memiliki tendensi khusus apalagi memilih-milih tugas yang dinilai menguntungkan secara pribadi. Pimpinan telah membagi habis seluruh jenis pekerjaan yang dijabarkan secara terstruktur melalui tugas pokok dan fungsi masing-masing unit. Olehnya itu selaku bawahan (aparat) harus loyal dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh atasan masing-masing.

Dalam paparan lain juga disampaikan bahwa setiap pelaksanaan tugas, kita sering dihadapkan pada dua kondisi yang dilematis dimana pada waktu yang bersamaan diberikan penugasan oleh atasan langsung/pejabat lainnya, namun pada sisi lain terkadang ada kegiatan yang memiliki daya tarik lebih besar dan menguntungkan diri sendiri pada saat yang bersamaan pula. Disinilah perlunya profesionalisme, loyalitas serta pengertian secara sadar oleh seorang aparat yang handal dan berintegritas untuk menentukan sikap tugas mana yang perlu dihandel terlebih dahulu. 

Benturan kepentingan sesungguhnya dapat diatasi manakala setiap aparatur memahami dan melaksanakan isi budaya kerja yang telah ditetapkan melalui Permentan No. 20 tahun 2015 secara konsisten.

Terkait Penilaian Mandiri tentang Pembangunan ZI-WBK/WBBM yang dicapai Tahun 2017 di BBPP Batangkaluku, menunjukkan hasil sementara 82,74. Ini berarti sesuatu yang perlu diperhatikan dan dipertahankan bahkan kalau perlu melengkapi/mengupdate lagi dokumen yang kurang agar lebih sempurna. Kita tentu berharap agar kinerja ini mampu dipertahankan untuk diajukan ke Menpan RB sebagai salah satu unit kerja yang diusulkan untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).  Tim sangat yakin BBPP Batangkaluku mampu bersaing dengan UPT lain sehingga predikat WBK dari Itjen Kementan yang setiap tahun diraih terbukti bisa dipertahankan.

BBPP Batangkaluku menyiapkan dan menindaklanjuti pengumpulan dokumen dan data dukung kegiatan lain yang diperlukan untuk diproses dan diajukan kembali ke Menpan RB sebagai penilaian untuk tahun berikutnya.

Dokumen lain yang juga perlu segera penanganan tindak lanjut adalah LHA (Laporan Hasil Audit) dari Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian bila ada. Karena itu semua pihak/pejabat yang terkait dalam Balai perlu bersinergi untuk menyelesaikan dokumen dan tindak lanjut tersebut secara tepat waktu.

Comments ( 0 )

Post a comment