Peningkatan Produksi Kakao dengan BIMTEK

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku melaksanakan Bimtek Komoditas Nasional (Kakao) di Desa Abbanuangnge Kecamatan Maniangpajo yang diikuti oleh 50 peserta petani Kakao.

Bimtek ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Dishutbun) Kabupaten Wajo, Ambo Cappe, didampingi oleh Kepala Desa Abbanuangnge, Amri Pawellangi dan Kaddas perwakilan dari BBPP Batangkaluku.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dikarenakan khususnya di Kecamatan Maniangpajo ini, kakao merupakan komoditas perkebunan yang banyak dikembangkan warga setempat,” kata Ambo Cappe.

Bimtek yang dilaksanakan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan produksi perkebunan kakao karena materi yang diajarkan, merupakan teknis dan pengolahan apa saja yang bisa dibuat cokelat. Sehingga minat dan daya saing kualitas Kakao yang dihasilkan bisa menembus pasaran yang lebih besar.

Dishutbun Kabupaten Wajo melalui UPTDnya ikut berkontribusi dengan menyediakan lahan untuk kakao peremajaan seluas 100 hektar khusus untuk pembibitan yang juga merupakan binaan Dishutbun Kabupaten Wajo.

“Bagi yang ingin belajar lebih lanjut atau baru dalam hal perkebunan kakao, Dinas sangat terbuka dan akan membantu untuk bibit dan proses pembelajaran budidaya kakao,” tutup Ambo Cappe pada Bimtek yang dilaksanakan 2 hari, 19 – 20 Maret itu di P4S Sipurennue Kabupaten Wajo.

Diketahui, di Kabupaten Wajo, selain penghasil kakao, juga menghasilkan sutera yang kualitasnya sangat baik.

Sumber : inilahcelebes.id

Comments ( 0 )

Post a comment