Target Luas Tanam Jagung 42 Ribu Hektar

Polman – BBPP Batangkaluku bekerjasama dengan P4S Haji Ambona Yanda melaksanakan pembekalan Bimbingan Teknis Komoditas Strategis Nasional Jagung, 19 – 20 Maret 2018. Senin (19/03/2018).

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi pelaku usaha tani, baik aspek pengetahuan, sikap, maupun aspek keterampilan dalam menerapkan Good Agricultural Practices (GAP) Tanaman Jagung.

Bimtek ini dilaksanakan di P4S Haji Ambona Yanda, desa Paku, kecamatan Binuang, kabupaten Polewali Mandar, provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang pelaku usaha tani anggota P4S dan anggota kelompok tani yang berasal dari 3 kecamatan.

Basir selaku Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polman menyampaikan bahwa target luas tanam jagung kabupaten Polman sekitar 42.000 ha sehingga diharapkan agar petani menggalakkan pembukaan lahan baru dan penanaman di bawah tegakan tanaman perkebunan seperti diantara tanaman kelapa.

“Petani juga diimbau agar senantiasa menerapkan teknik berbudidaya tanaman jagung yang baik (GAP) agar terjadi peningkatan produksi,” paparnya.

Kepala Dinas tersebut juga mengimbau agar jangan sampai ada sarana pertanian yang tidak dimanfaatkan, terutama yang berasal dari bantuan pemerintah. Selain itu, ia juga berharap agar kegiatan pelatihan untuk Polman semakin ditambah jumlahnya dan merata di semua lokasi. “Demi peningkatan kemampuan petani,” ringkasnya.

Sumber : hariansulsel.com

Comments ( 0 )

Post a comment