50 Peternak Sapi Bone Bolango mengikuti BIMTEK

BBPP Batangkaluku menggelar Bimtek Komoditas Strategi Nasional (sapi) dilaksanakan selama 2 hari , 19 – 20 Maret 2018 di P4S Mootoduwo Terpadu, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, diikuti sebanyak 50 petani/peternak, Senin (19-03-2018).

Acara pembukaan bimtek dihadiri oleh Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Peternakan Bone Bolango (Alwin Kasim), Kepala Desa Huludotamo Kecamatan Sumawa, Bone Bolango (Suwardi), Kasie Pelatihan Apratur (Fitriani).

Alwin Kasim dalam arahannya beliau menyampaikan mengenai program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan peternak dan mewujudkan kemandirian pangan asal hewan dengan mengoptimalkan potensi sapi indukan untuk menghasilkan pedet dan meningkatkan produksi.

“Terdapat dua program UPSUS SIWAB yaitu peningkatan populasi melalui Inseminasi buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (INKA). Didaerah Bone Bolango dengan jumlah populasi sapi 35.974 ekor yg merupakan sasaran dr program tersebut” ujarnya.

“Dalam menunjang program IB dan INKA dilakukan penerapan sistem manajemen reproduksi, dari kegiatan bimtek ini,petani dapat mengaplikasikan materi yang telah didapatkan dalam rangka peningkatan Pengetahuan dan keterampilan petani” tutupnya.

Sumber : jalur9.com

Comments ( 0 )

Post a comment