BIMTEK Komoditi Strategis Nasional (PADI)

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku menyelenggarakan Bimbingan Teknis Komoditi Strategis Nasional (padi) Angkatan XLVIII di P4S Terang-Terang, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 Hari, 14-15 Maret 2018 di buka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Takalar

M.Najib Kasim. Dalam arahannya, ia menyampaikan mengenai kabupaten Takalar sebagai sentra produksi padi, ke depannya menjadikan takalar sebagai daerah penangkar benih dan mengajak petani untik bisa ikut dalam asuransi usaha tani.

“Ini merupakan salah satu bentuk program pemerintah untuk membantu petani, untuk melindungi kerugian nilai ekonomi usahatani padi akibat gagal panen, sehingga petani memiliki modal kerja untuk pertanaman berikutnya, selain itu terlindunginya petani dari kerugian karena memperoleh ganti rugi jika terjadi gagal panen sebagai akibat risiko banjir, kekeringan, dan atau serangan OPT”, ungkapnya dihadapan 50 peserta BIMTEK.

Dengan begitu dapat meningkatkan aksesibilitas petani terhadap sumber-sumber pembiayaan serta mendorong petani untuk menggunakan input produksi sesuai anjuran usahatani yang baik.

“Meski kegiatan ini sangat singkat, tapi kami beharap dari kegiatan BIMTEK ini peserta dapat mengaplikasikannya di lapangan mengenai teknis GAP padi yang dapat meningkatkan PKS petani, pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani” ungkap Resky Yulianti Panitia BIMTEK sekaligus Widyaiswara BBPP Batangkaluku.

Sumber : kabarnusantaranews.com

Comments ( 0 )

Post a comment