BIMTEK Komoditi Nasional Tanaman Pangan

 Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku kembali melakukan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Komoditi Nasional Tanaman Pangan, yang berlangsung 22 – 23 Februari 2018 di Hotel Harper, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar.

Bimtek tahap ke enam ini, hadiri 200 peserta petani komoditas padi, kedelai dan jagung dari berbagai kabupaten Se Sulawesi Selatan.

Sebelum membuka acara, kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Fitriani mengatakan saat ini stabilisasi harga tanaman pangan di Sulsel sangat bagus.

Ia juga menambahkan ada 4 modal dasar fondasi sehingga tanaman pangan di Sulsel sangat baik.

“Pertama, yang kita memiliki iklim sangat bagus, seperti di Luwu raya dan Toraja. Sepanjang tahun matahari bersinar, sehingga produksi di sulsel sangat bagus. Kedua, komitmen pemerintah provinsi sulsel terhadap pertanian sangat tinggi, utamanya pangan,” ujarnya.

Ketiga, lanjut dia, Sulsel punya sumber daya petani, 40 persen masyarakat sulsel adalah petani. Respon mereka terhadap teknologi pertanian termasuk baik, apalagi dengan hadirnya penyuluh yang mendampingi.

“Terakhir, kita punya tim ahli juga yang baik,” ringkasnya.

Keempat poin inilah yang berkontribusi terhadap produksi dan ketahanan pangan di Sulsel.

Selain itu, Fitriani juga mengungkapkan besarnya perhatian Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo terhadap pertanian.

“Karena perhatian Pak SYL terhadap pertanian, tiap dalam acaranya pasti saya selalu ditanya bagaimana pertanian, hal itulah yang membuat kami terus bekerja ekstra. Maka hasilnya dapat dilihat, pertumbuhan ekonomi sulsel selalu diatas rata-rata,” pungkasnya.

Sumber : lintassulsel.com

Comments ( 0 )

Post a comment