250 Peserta Mengikuti BIMTEK Tahap III

Kementrian Pertanian akan menjalankan 10 kebijakan operasional pada 2018, untuk mencapai sasaran yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Percepatan peningkatan produksi dan swasembada padi, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, dan komoditas strategis lainnya menjadi langkah pertama dalam menjalankan kebijakan operasional tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku, Kemal Mahfud di hadapan 250 anggota Gapoktan/Poktan Se-Sulawesi Selatan pada acara Bimtek Tahap III BBPP Batangkaluku, di Hotel Harper, Jl Perintis Kemerdekaan.

Bimtek Tahap III dilaksanakan 15-16 Februari 2018 dengan peserya dari 2 komoditi yakni Komoditi Cabe 2 Angkatan, dan Komodiri Bawang Merah 3 Angkatan.

Menurut Kemal, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengembangan kawasan (cluster), perbaikan/pergantian varietas unggul bermutu, penyediaan dan perbanyakan benih, dan percepatan pengembangan pertanian organik

"Kemudian pengembangan lumbung pangan berorientasi ekspor di wilayah perbatasan, hilirisasi pangan dan pertanian, penyediaan pasokan air, sinergi program dan kegiatan lintas eselon I dan kementerian/lembaga juga harus dilaksanakan," kata dia.

Kemal menambahkan, menyadari pentingnya kualitas SDM petani dalam peningkatan produksi komoditas nasional unggulan dan swasembada pangan nasional, maka perlu dilakukan pembinaan terhadap petani.

"Pelaksanaan bimtek diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM pertanian dalam menerapkan Good Agricultural Practices (GAP) Komoditas Strategi Nasional, serta meningkatkan kompetensi SDM pertanian sehingga bisa memahami setiap pengembangan komoditas strategi," pungkas Kemal.

Salah satu fasilitator bimtek, Evi mengatakan kegiatan ini memang singkat, namun setidaknya petani punya peluang besar untuk mendapatkan tambahan informasi dan wawasan terkait pengelolaan komoditi strategis khususnya tanaman hortikultura bawang merah dan cabai untuk meningkatkan hasil produksi.

Sumber : makassar.tribunnews

Comments ( 0 )

Post a comment