Kunjungan DPRD Komisi II SELAYAR

Kunjungan Anggota DPRD Komisi II Kabupaten Kepulauan Selayar diterima langsung oleh Kepala Bagian Umun BBPP Batangkaluku, Juhari di Ruang Rapat Karaeng Pattingalloang Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari ini merupakan kerjasama pelatihan untuk peningkatan SDM pertanian bagi penyuluh dan petani di Kabupaten Kepualauan Selayar.

Wakil Ketua DPRD Komisi II Muhammad Aris Ridwan mengatakan sangat berharap dengan adanya kerjasama Pemerintah Kepulauan Selayar, diwakili Anggota DPRD Komisi II ke BBPP Batangkaluku, dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Pertanian.

“Di daerah kami khususnya bagi penyuluh dan petani, karena peningkatan kualitas dan hasil komoditas pertanian tentu sangat dipengaruhi oleh SDM pertanian itu sendiri,” urai dia.

“Sumber Daya Manusia Pertanian bagi Penyuluh kami memang perlu dibenahi sehingga petani juga nantinya bisa berkembang, karena kita tidak bisa menuntut kinerja yang baik kalau hak-hak mereka kita tidak berikan yaitu dengan melaksanakan pelatihan dasar kepada penyuluh kita,” tambahnya.

Dari kerjasama ini, lanjut dia, rencana ke depannya penyuluh di Kepulauan Selayar bisa mengikuti Pelatihan Dasar yang di selenggarakan BBPP Batangkaluku.

“Nantinya dilaksanakan di Balai atau di Kepulauan Selayar, karena meski komoditas utama kami diselayar adalah kelapa, namun komoditas lainnya juga banyak yakni Padi, Jagung, Jambu Mente bahkan sampai Ternak Sapi,” ujar Ketua DPRD Komisi II Arfianto.

Terpisah Andi Amal Hayat Makmur menyampaikan bahwa BBPP Batangkaluku membuka peluang kerjasama pelatihan, baik fungsional maupun teknis dalam rangka peningkatan kompetensi SDM Pertanian. Sehingga diharapkan mampu merespon setiap kebijakan pembangunan pertanian di Indonesia.

Sementara Kepala Bagian Umun BBPP Batangkaluku, Juhari menjelaskan hasil pertemuan ini akan tindak lanjuti oleh anggota DPRD Selayar, untuk meminta Pemkab Selayar agar membuat MoU kerjasama dengan BBPP Batangkaluku.

“Terkait pengembangan sumber daya petani dan penyuluh di Selayar,” pungkasnya.

Sumber : lintassulsel.com

Comments ( 0 )

Post a comment