PULUHAN MURID SD SERBU TANAMAN

Belajar Pertanian Itu Menyenangkan

Kunjungan Siswa-Siswi SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA,  Jalan Pettrani Blok E19 No. 25  Makasar di Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku , Jumat (15/12/2017).

45 murid SD terlihat amat senang di ajak berkeliling BBPP Batangkaluku,  mereka senang melihat aneka buah dan sayur yang ada di lahan sekitar kantor.  Ada yang ingin panen buah rambutan,  adapula yang ingin belajar menanam  jagung.  Sambil berjalan sesekali mereka bertanya manfaat buat tersebut kepada Widyaiswara yang mendampinginya.

Aima, selaku Guru Pendamping mengatakan kegiatan ini sudah direncanakan sejak lama , namun hari baru bisa dilaksanakan.  Dengan begini mereka bisa belajar mengenal apa itu pertanian, bagian-bagian tumbuhan, manfaat dan cara memeliharanya. 

"Selain itu, mereka belajar membuat donat dan es cream, dimana bahan yang digunakan adalah dari ubi jalar dan jagung dengan rasa yang tidak kalah enaknya" urainya.

"Mereka bisa belajar mengolah Jagung yang dulunya hanya dimakan biasa,  Tapi bisa diolah menjadi es krim,  sehingga ada nilai tambah,  anak-anak  juga lebih suka. 

Olahan donat  dari ubi jalar merupakan  bahan pangan lokal yang mudah didapatkan jadi tidak 100% menggunakan terigu lagi", ujar Risna Ardhayanti.

"Variasi olahan ini bertujuan agar anak-anak tidak bosan, yang biasanya hanya digoreng atau direbus, selain itu bisa menjadi cemilan sehat buat anak dan keluarga" tambahnya.

"Wah.. bermanfaat sekali, dengan kunjungan ini anak-anak bisa bisa mengenal lingkungan, belajar sambil bermain serta memberi rasa kebersamaan antar orangtua, guru dan murid" ungkap Ana, salah satu orang tua murid.

Kegiatan ini berlangsung sehari, 

Karena kunjungan ini merupakan salah satu Ujian Praktek yang diberikan pihak sekolah maka diharapkan banyak ilmu-ilmu dan manfaat yang diperoleh dari kunjungan ini (az).

Comments ( 0 )

Post a comment