PENDERASAN INFORMASI MEDIA SOSIAL

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian melaksanakan Sosialisasi terkait Penderasan Informasi melalui Media Sosial di Aula Hasanuddin, Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku Gowa, dihadiri 220 penyuluh Se-Sulawesi Selatan. Materi sosialisasi di bawakan oleh Weli Nugraha, Kasub Ketenagaan Penyuluhan Pertanian. Diawali memperkenalkan seluruh akun media sosial resmi Kementerian Pertanian dan Akun BPPSDMP baik itu Twiter, Instagram, Facebook, Instagram dan Youtube kepada Penyuluh yang hadir saat itu.

“Paling tidak para penyuluh pertanian banyak tahu akan berita-berita terkini mengenai perkembangan pertanian, dimana apa yang disampaikan dalam berita medsos kementerian pertanian paling tidak atas keberhasilan teman-teman yang ada dilapangan”, ungkap Weli Nugraha.

“Selaian mengetahui, kiranya dapat mensosialisasikan kepada yang lain. Sasaran lain selain penyuluh adalah para pelaku utama dan usaha, yang di samping ke generasi muda perlu motivasi dari media-media kementerian pertanian sehingga bisa lebih tahu lagi”, tambahnya.

Sementara itu, Rosdiana selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Diklat BBPP Batangkaluku mengatakan penggunaan medsos ini sangat penting bagi penyuluh. Selain mengetahui akun media sosial resmi Kementerian Pertanian dan Akun BPPSDMP, juga dapat menyebarkan informasi dan menviralkan terkait pembangunan pertanian.

“Serta meningkatkan minat generasi muda terhadap dunia pertanian”, urainya.

Manfaat dari penggunaan medsos ini, juga diakui oleh salah satu penyuluh pertanian dari kabupaten Takalar, Tahir Pawallangi.

“Salah satu manfaat dengan adanya medsos ini memudahkan dalam mengakses informasi, dimana dulunya mengirim secara manual, kini langsung bisa melalui whatsapp atau email. Seperti kalau ada rapat-rapat atau pertemuan langsung melalui facebook”, ujarnya

“Cuman persoalannya masih banyak teman-teman penyuluh belum menguasai medsos itu. Contohnya kebanyakan belum menggunakan handphone berbasis android dan semacamnya”, tambahnya.

Para penyuluh sangat antusias mengikuti sosialisasi, meski kegiatan ini berlangsung hanya sehari.

Sumber : jalur9.com

Comments ( 0 )

Post a comment