RAPAT PERSIAPAN PERCEPATAN UPSUS SIWAB

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) dalam rangka konsolidasi tim Penanggung jawab Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting (Upsus Siwab) tingkat pusat, provinsi dan kabupaten Gowa di BBPP Batangkaluku, Rabu (22/11/2017).

Hal itu merupakan salah satu upaya mengungkit raihan target pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) pada pelaksanaan Upsus Siwab di kabupaten Gowa tahun 2017. Yakni dengan melakukan sinkronisasi dengan melibatkan seluruh unsur terkait. Hal ini terungkap dalam rapat koodinasi yang dipimpin oleh Maidas selaku tim penanggung jawab Upsus Siwab Pusat.

“Titik tolak pelaksanaan IB yang efektif adalah dengan mengoptimalkan sumberdaya petugas inseminator yang ada di daerah tersebut. Disamping itu pemenuhan kebutuhan sarana IB yang memadai,” ujar Kabid Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Batangkaluku Rosdiana

Ia menambahkan, berdasarkan data Januari sampai dengan 21 November 2017, capaian hasil IB untuk kabupaten Gowa baru mencapai 3.339 ekor dari target 30.336 ekor atau 11.07 %.

Hadir dalam rapat tersebut adalah Kepala BBPP Batangkaluku selaku Penanggung Jawab Kabupaten Gowa dan Takalar yang diwakili Rosdiana, serta Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Gowa yang diwakili oleh Azwar (Kabid Produksi), serta Tim Koordinator wilayah III Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel.

Diketahui, untuk mengakselerasi percepatan target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri, Kementerian Pertanian meluncurkan program Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting (Upsus Siwab).

Program tersebut dituangkan dalam peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/PK.210/10/2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting yang ditandatangani Menteri Pertanian pada tanggal 3 Oktober 2016

Sumber : jalur9.com

Comments ( 1 )

  1. avatar
    willieobeihm@gmail.com

Post a comment