PELATIHAN TEKNIS TEMATIK ANGKATAN LVI BUDIDAYA KED

Guna peningkatkan kopetensi pengurus/anggota Kopelompok Tani (Koptan), sebagai penerima mamfaat APBN-P Tahun 2017, Kementrian Pertanian RI melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batang Kaluku bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara, kembali menggelar pelatihan Teknis Tematik kepada sejumlah Koptan.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan berlangsung kurang lebih 4 hari, yakni dari tanggal 14 sampai tanggal 17/11/2017. Bertempat di gedung Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Koptan dari dua Kabupaten, yaitu Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Bolaang Mongondow selatan (Bolsel). Sebanyak 35 peserta yang terdiri dari, Bolmong 24 peserta, dan Bolsel 11 peserta.

Menurut ketua panitia pelaksana Amri Pawellangi, kegiatan Pelatihan Teknis Tematik bagi Koptan kali ini adalah angkatan ke 56 yang dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Utara.

Fasilitator Pelatihan Teknis Tematik berasal dari Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow, Alumni TOT bagi fasilitator Tanaman Pangan Tahun 2017 dan instansi terkait. Dan ini sudah angkatan ke 56 di Sulut,” kata Amri.

Lanjut Amri, Kopta diberi pelatihan terkait cara pengelolaan bantuan dengan mengacu pada GAP dan GMP. Sedangkan metode yang digunakan pada pelatihan adalah Ceramah, tanya jawab, presentase dan praktek.

“Untuk materi pelatihan terdiri dari Kelompok Dasar, Kelompok Inti dan Kelompok Penunjang yang seluruhnya berjumlah 32 jam pelajaran,” ucapnya,

Untuk diketahui, latar belakang pelaksanaan kegiatan ini adalah, bahwa pada tahun 2017 ini, Kementrian Pertanian melalui Anggatan Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan  (APBN-P), mengalokasikan kegiatan dan anggaran untuk mencapai swasembada pangan dalam negeri dan peningkatan nilai ekspor. Dan difokuskan pada penguatan perbenihan/perbibitan komuditas pangan strtegis Tanaman Pangan (Kedelai), Hortikultura dan Perkebunan.

Hadir dalam kesempatan tesebut, Kadis Pertanian Bolmong Ir. Taupik Mokoginta, sekaligus membuka kediatan. Kadis Pertanian Bolsel, Perwakilan Kelompok Tani, dan instansi terkait. (Boby)

Sumber : wartabolmong.com

Comments ( 0 )

Post a comment