PELATIHAN TEKNIS TEMATIK KEDELAI ANG. XLVI

Sebanyak 44 orang petani utusan kelompok tani dari Kabupaten  Parimo dan Poso mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Teknis Tematik Budidaya Kedelai Angkatan 46 di UPTD Kecamatan Balinggi, Selasa (14/11/2017).

Diklat yang dilaksanakan atas kerjasama Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku dengan Dinas Tanaman Pangan,Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Parigi Moutong itu dibuka oleh Kadis Tanaman Pangan Parigi Moutong diwakili Kepala Bidang Tanaman Pangan  Ir. Nurhidayah Rahmah,SP.M.Si).

Hadir juga pada acara pembukaan itu Kabag Umum BBPP Batangkaluku Juhari SP, Ka UPTD Supriyadin SP serta Fasilitator dan WI BBPP BK.

Dalam arahannya, Nurhidayah menyampaikan bahwa diklat ini ditujukan kepada petani yang telah mengikuti CPCL yang nantinya akan menerima bantuan berupa benih dan sarana lainnya dari pemerintah melalui alokasi anggaran APBNP Tahun 2017 untuk pengembangan kedelai di kedua kabupaten tersebut.

Ia berpesan agar petani yang menjadi peserta diklat ini memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan dari para fasilitator dan narasumber sehingga punya bekal untuk ditularkan kepada petani atau anggota kelompok lainnya didaerah asal masing-masing.

Sementara Kabag Umum BBPP Batangkaluku Juhari dalam sambutannya menyampaikan bahwa komoditi kedelai ini merupakan salah satu komoditi stategis yang oleh Kementerian Pertanian diupayakan untuk swasembada paling tidak sebelum tahun 2020.

“Secara nasional luas areal pengembangan kedelai melalui keg. APBNP ini ditargetkan 500.000 Ha. Oleh sebab itu BBPP Batangkaluku sebagai salah satu UPT BPPSDM Pertanian bertanggung jawab menyiapkan SDM petani melalui kegiatan diklat Tematik sebanyak 1.710 orang,” ungkap Juhari.

Selama pelaksanaan diklat, peserta akan melakukan praktik teknologi budidaya yang berlokasi di desa Malakosa, Kecamatan Balinggi di bawah bimbingan fasilitator alumni TOT.

Diklat ini  berlangsung selama 4 hari dan akan berakhir pada tanggal 17 November 2017 yang akan datang. (afd/*)

Sumber : beritapalu.NET

 

Comments ( 0 )

Post a comment