SOSIALISASI DETEKSI DINI WUJUDKAN INDONESIA BEBAS

DETEKSI DINI WUJUDKAN WANITA INDONESIA BEBAS KANKER SERVIKS DAN PAYUDARA

Menindak lanjuti surat Dewan Pengurus KORPRI Kementerian Pertanian No.388, tanggal 22 September 2017 tentang Pelaksanaan Program Kerja OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja) yaitu : Deteksi Dini : Wujudkan Wanita Indonesia “Bebas Kanker” yang bertepatan dengan Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional di bulan Oktober 2017 maka BBPP Batangkaluku ikut melaksanakan kegiatan sosialisasi ini bertempet di Aula Hasanuddin BBPP Batangkaluku 27 Oktober 2017.

Sosialisasi ini dibuka oleh kasubag kepegawaian dan RT, Nurjannah dan dilanjutkan pemberian materi “Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Melalui Pemeriksaan IVA” oleh Dr. Rina Andriaty. Pedeteksian dini sangat penting sehingga kita bisa mencegah sebelum berdampak lebih parah. Tes IVA merupakan pemeriksaan skrining untuk mengetahui kanker serviks/mulut Rahim dhania dengan mengoleskan asam cuka pada permukaan mulut rahim. Apabila ditemukan lesi pada jaringan dan terjadi perubahan warna menandakan hasil IVA tersebut positif. Ini menandakan adanya lesi Pra Cancer, hasil ini diperkuat dengan pemeriksaan lanjutan seperti Papsmer dan Biopsi. 

Dr. Rina memberikan gambaran dan penjelasan bagaimana tanda – tanda kanker leher Rahim, penyebab dan bagaimana terjadinya hingga pencegahan kanker leher rahim tersebut. Adapun orang – orang yang mempunyai resiko lebih tinggi menderita kanker tersebut telah di jelaskan kepada audience yang merupakan hampir seluruh karyawati dan keluarga yang berada di lingkup BBPP Batangkaluku.

Comments ( 0 )

Post a comment