PELATIHAN TEKNIS TEMATIK ANGKATAN XIII CABAI

Kementerian Pertanian melaui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) tahun 2017, mengalokasikan kegiatan dan anggaran untuk memperkuat perbernihan/pembibitan komoditas Tanaman Pangan, Hortikultura (cabai Rawit).

Dalam kegiatan APBN-P tahun 2017 diikuti dengan kegiatan pengawalan dan pendampingan bagi kelompoktani penerima manfaat, agar pelaksanaan pengawalan dan pendampingan berjalan dengan baik maka dilakukan Pelatihan Teknis Tematik Cabai Rawit bagi non aparatur anggkatan XIII. Sebagai pelaksana kegiatan Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pajukukang Kabupaten Bantaeng Sulawesi-Selatan.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengurus kelompok tani sebagai penerima manfaat APBN-P tahun 2017 dalam melakukan pengelolaan bantuan benih/bibit komoditas tanaman cabai rawit, sehingga dapat dibudidayakan dengan mengacu pada GAP atau GMP untuk mencapai tujuan Optimal. Sasaran pelatihan ini adalah tercapainya peningkatan kompetensi pengurus kelompok tani sebagai peserta pelatihan sebanyak 25 orang yang terdiri dari 10 orang dari kabupaten Wajo dan 15 orang dari Kabupaten Bantaeng. Kegiatan pelatihan teknis tematik cabai rawit secara resmi dibuka oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng Ibu Nurhayati, SP, M.Si, Selasa (24/10/2017). Dalam sambutannya pada acara pelatihan teknis tematik cabai tersebut Sekretaris dinas Pertanian menekankan akan pentingnya kegiatan pelatihan teknis tematik cabai tersebut, oleh karenanya para peserta diharapkan benar-benar memanfaatkan kesempatan tersebut agar setelah selesai mengikuti kegiatan ini dapat menerapkan budidaya tanaman cabai sesuai yang di ajarkan oleh fasilitator. 

Dalam kegiatan tersebut disampaikan materi berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan latihan (IKL) yaitu Persiapan benih, Pemupukan tanaman, pengendalian OPT serta panen dan pasca panen cabai. Fasilitator berasal dari Penyuluh Pertanian yang telah mengikuti Diklat Training Of Trainer (TOT) APBN-P tahun 2017 dan praktisi yang kompeten dibidangnya, Metode pelatihan teknis tematik menggunakan pendekanatan Experiece Learning Cycle (ELC) atau AKOSA Alami, Kemukakan, Olah, Simpul dan Aplikasikan) dengan pendekatan pendidikan orang dewasa. Pemilihan metode disesuaikan dengan materi yang disampaikan antara lain : ceramah, diskusi Kelompok dan tanyajawab, penugasan, Presentasi dan praktik.

Peserta sangat antusias mengikuti Pelatihan Tematik Cabai ini dan Para peserta sangat berharap program ini dapat dilanjutkan untuk tahun-tahun mendatang.

Sumber : cybex.pertanian

Comments ( 0 )

Post a comment