PEMBUKAAN DIKLAT DASAR FUNGSIONAL TERAMPIL

Sebanyak 35 peserta mengikuti pelatihan dasar fungsional penyuluh pertanian terampil, di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku, Kabupaten Gowa, Selasa (24/10/2017).

Pelatihan dasar ini merupakan kerjasama Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulsel bersama Dinas Pertanian Kabupaten Jeneponto dan Dinas Pertanian Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Seksi Pelatihan Aparatur BBPP Batangkaluku yang juga ketua panitia, Fitriani mengatakan pelatihan dasar penyuluh pertanian ini dimaksudkan untuk menjamin mutu penyelenggaraan dan keluaran diklat fungsional bagi pemangku jabatan penyuluh pertanian.

"Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap bagi penyuluh pertanian sehingga memiliki kemampuan dalam melaksanakan pekerjaannya dengan menggunakan prosedur dan teknik kerja tertentu," kata Fitriani dalam laporannya saat pembukaan pelatihan.

Selain itu, kata Fitriani, pelatihan ini juga memberikan wawasan berpikir secara komprehensif bagi penyuluh pertanian, dan menyamakan persepsi terhadap tugas dan fungsi, organisasi, tata kerja dan tata hubungan kerja penyuluh pertanian.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama 21 hari dari tanggal 23 Oktober sampai 13 November 2017 ini, peserta akan dibekali materi pelatihan yang dibawakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian Kementerian Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Tanaman Pangan dannHoltikultura Sulsel, dan juga BBPP Batangkaluku.

Kepala BBPP Batangkaluku, Kemal Mahfud dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini sangat penting bagi para penyuluh pertanian.

Ia juga menjelaskan bahwa pekerjaan sebagai penyuluh pertanian saat ini tak lagi seperti dulu, dan memiliki banyak keuntungan.

"Menjadi penyuluh pertanian sekarang itu enak. Untuk itu para penyuluh perlu dilatih agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik," kata Kemal. (*)

Sumber : tribun-timur.com

Comments ( 0 )

Post a comment