Apa Itu SAIBA ?

Pada kesempatan ini kami akan sedikit berbagi informasi terkait adanya aplikasi baru yang bernama SAIBA (Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual). Walaupun masih baru tetapi saat ini Direktorat Jenderal Perbendaharaan sudah mengadakan beberapa workshop, training dan bimtek mengenai aplikasi SAIBA yang bertujuan untuk mendukung persiapan penerapan akuntasi basis akrual. Aplikasi SAIBA hampir mirip dengan aplikasi SAKPA yang dulunya digunakan, jadi buat yang biasa mengoperasikan aplikasi SAKPA akan cepat beradaptasi dengan aplikasi SAIBA.

 

Perbedaan Aplikasi SAKPA dengan Aplikasi SAIBA :

 

Aplikasi SAKPA basis akrual penyusunan laporan keuangan digunakan secara manual sedangkan aplikasi SAIBA penyusunan laporan digunakan secara otomatis.

Aplikasi SAKPA seluruh transaksi akun dilihat di buku besar sedangkan aplikasi SAIBA dapat dilihat dari dua buku besar yaitu buku besar kas dan buku besar akrual.

Aplikasi SAKPA hanya menghasilkan dua laporan (LRA & Neraca) sedangkan Aplikasi SAIBA laporan yang dihasilkan empat laporan (LRA, LO, LPE & Neraca).

Dengan adanya aplikasi SAIBA mempermudah pembuatan Laporan keuangan dan proses pelaporan keuangan.

Comments ( 0 )

Post a comment