UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

Ir. Kemal Mahfud, MM selaku Kepala Balai menjadi Pembina Upacara dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila , di Lapangan Apel BBPP Batangkaluku .

Upacara pagi ini diikuti oleh seluruh warga BBPP bataangkaluku, siswa-siswi SMK magang (PSG) dan Peserta diklat Fungsional Dasar Ahli dan Fungsional Dasar Terampil.

Kepala balai mengatakan hari kesaktian Pancasila merupakan momentum, Karena seperti yang kita ketahui 30 September dikenal sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September atau G 30/S/PKI dan pada tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian  Pancasila untuk memperingati bahwa dasar Negara Indonesia  adalah Pancasila, yang sakti dan tak tergantikan. Selanjut?ya  pada tanggal 10 November 1986 Pancasila pertama kali  diperkenalkan sebagai ideologi terbuka, di mana Pancasila   dituntut untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan  zaman yang senantiasa dinamis dengan tanpa   mengesampingkan nilai-nilai dasarnya yang tetap.

 Hal ini kiranya telah sejalan dengan Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini yaitu "Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur”. Maka sudah semestinya tema ini dapat memberikan kesadaran bagi kita bersama untuk meresapi  nilai-nilai luhur yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa tersebut untuk dapat merekat erat sebagai kepribadian  bangsa. Maka dari itu kita harus “Tetap berpegang teguh dengan Pancasila dan terus mempertahankannya, jika ada yang ingin merusak maka rakyat Indonesia akan melawannya” kalimat tersebut menjadi penutup Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di BBPP Batangkaluku pagi ini. (2/10/2017)

 

Comments ( 0 )

Post a comment