PEMBUKAAN DIKLAT TOT DAN SERTIFIKASI

Pembukaan diklat Training Of Trainer (TOT) bagi fasilitator Tanaman Pangan (Kedelai), Hortikultura dan Perkebunan. Sertifikasi Profesi Produksi Tanaman Pangan, Alat dan Mesin Pertanian dan Fasilitator Tanaman Organik.

Kegiatan ini dibuka oleh Ir. Kemal Mahfud (Kepala Balai) dan di dampingi oleh Sugeng Mulyono, STP., MP., dan Rosdiana, SPI., MM. sambutan dan arahan kepala balai kepada peserta agar kegiatan berjalan disiplin dan bermanfaat. Dilanjutkan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kabid Penyelenggara Pelatihan, Rosdiana SPI., MM untuk diklat TOT ini terbagi atas 3 bagian (Kedelai, Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan) dimana peserta yang mengikuti kegiatan ini ada widyaiswara, POT Profinsi dan Kabupaten. Training Of Trainer sendiri diikuti 48 peserta Se-Sulawesi, Perkebunan 28 peserta, dan TOT Fasilitator Hortikulura 14 berasal dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Metode khusus  disipakan agar hasil lebih maksimal dimana prestase praktek dan teori 60 : 40 persen.

Untuk Sertifikasi terdapat 3 kegiatan (Tanaman Pangan, Tanaman Organik, dan Alat dan Mesin Pertanian). Untuk rencana peserta yang mengikuti kegiatan ini 90 orang, realisasi 81 orang. Untuk  asesor uji kompetensi : Direktorat Ketahanan Pangan, STTP Gowa, BBPP Batangkaluku, BBPP Lembang, Balai Mekanisasi Serpong, Bengkulu, Dinas Pertanian Bulukumba, dan Dinas Pertanian Sulawesi Utara.

Kegiatan ini berlangsung 5 hari efektif dari tanggal 11 – 17 September 2017 di BBPP Batangkaluku, Gowa.

Comments ( 0 )

Post a comment