25April2014

You are here: Home Profil Tentang Balai Renstra Balai

Renstra Balai

 

Pembangunan Pertanian di Indonesia sangat penting dan strategis sebagai bagian dari pembangunan ekonomi nasional , apalagi semenjak krisis ekonomi tahun 1997, sektor pertanian menjadi penyelamat perekonomian nasional karena justru pertumbuhannya  meningkat, sementara sektor lain pertumbuhannya negatif. Pentingnya sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi nasional , selain kontribusiya terhadap PDB dan penurunan angka kemiskinan, juga sebagai penyedia pangan dan lapangan kerja . Pada kuartal I tahun 2009  kontribusi sektor pertanian terhadap PDB sebesar 4,7 % serta kontribusinya dalam penurunan angka kemiskinan sebesar 66%. Sektor pertanian juga menyerap tenaga kerja sebesar 43, 1 juta orang pada kuartal I tahun 2009.

 

Dalam upaya meningkatkan peran strategis tersebut, Kementerian Pertanian pada periode 2010 - 2014 telah menetapkan visi pembangunan pertanian, yaitu “Terwujudnya pertanian industrial unggul berkelanjutan yang berbasis sumberdaya lokal untuk meningkatkan kemandirian pangan, nilai tambah, daya saing, ekspor, dan kesejahteraan petani ”.

 

Target utama penetapan visi pembangunan tersebut untuk mewujudkan empat sukses pembangunan pertanian, yaitu: 1) pencapaian swasembada  dan swasembada berkelanjutan, 2) peningkatan diversifikasi pangan, 3) peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor, dan 4) peningkatan kesejahteraan petani.

 

  1. pencapaian 4 (empat) sukses pembangunan pertanian tersebut,  diperlukan dukungan sumberdaya manusia pertanian yang berkualitas, khususnya petani yang kreatif, inovatif dan mandiri serta mampu memanfaatkan iptek dan sumberdaya lokal dalam menghasilkan produk berdaya saing dan bernilai ekonomis tinggi  guna mendorong terwujudnya usaha pertanian produktif dan penciptaan lapangan kerja di pedesaan. Untuk itu diperlukan revitalisasi sumberdaya manusia pertanian. Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka revitalisasi sumberdaya manusia pertanian  adalah dengan meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia pertanian baik aparatur maupun non aparatur melalui pelatihan.

 Selengkapnya dapat dibaca di Renstra BBPP Batangkaluku